Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Polres Batang Tilang Ribuan Pengendara Yang Didominasi Pelajar

Nasional operasi zebra
Antara • 28 Oktober 2019 13:57
Batang: Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, melalui Operasi Zebra telah mengeluarkan 1.000 surat tilang kepada pengendara. Operasi yang digelar sejak 23 Oktober 2019 itu didominasi oleh pelanggar usia muda atau pelajar.
 
"Rata-rata 200 pelanggar kami berikan surat bukti tilang setiap kegiatan operasi. Adapun jenis pelanggaran seperti tidak membawa SIM, STNK, tidak memakai helm, sepeda motor yang tidak sesuai spek, dan melawan arus," kata Kasat Lintas Polres Batang AKP Doddy Triantoro di Alun-Alun Batang, Senin, 28 Oktober 2019.
 
Doddy menjelaskan Operasi Zebra yang digelar hingga 5 November 2019 ini memprioritaskan delapan jenis pelanggaran yaitu, tidak menggunakan helm SNI, melawan arus, mengemudikan kendaraan dalam pengaruh minuman beralkohol, penggunaan lampu strobo, dan pengemudi roda empat atau lebih yang tidak menggunakan sabuk keselamatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian menggunakan telepon seluler sambil berkendara, melebihi batas kecepatan, dan anak di bawah umur yang mengemudikan kendaraan bermotor.
 
"Kami berharap melalui operasi ini kepada para pengendara sepeda motor maupun pengemudi lebih tertib berlalu lintas di jalan raya, apalagi menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020," jelas Doddy.
 
Doddy menambahkan terjadinya kecelakaan lalu lintas biasanya diawali dengan pelanggaran oleh pengendara seperti menerobos arah berlawanan dan berkendaraa masih di bawah umur.
 
"Kendati demikian, kami menilai para pengendara di wilayah Batang masih tertib. Kami mengimbau pada pengendara kendaraan agar mengecek kelengkapan maupun kondisi kendaraan sebelum berkendara di jalan raya," pungkas Doddy. (Syahrum Latupono)
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif