Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

170 Desa di Sumsel Segera Terkoneksi Internet

Nasional akses internet
Gonti Hadi Wibowo • 09 November 2019 20:20
Palembang: Sebanyak 170 desa di Sumatera Selatan bakal terjangkau jaringan akses internet melalui program Internet Desa. Untuk tahap awal saat ini 34 desa/kelurahan yang tersebar di 17 Kabupaten/Kota telah terpasang jaringan akses internet.
 
Gubernur Sumsel Herman Deru melalui Kepala Dinas Kominfo Sumsel, Ahmad Rizwan, mengatakan pada 2019 ini 170 desa mendapat web desa yang akan terintegrasi dengan internet desa.
 
Web desa ini bertujuan agar setiap desa dapat mempromosikan potensi unggulan UMKM desa dan mendapat informasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setiap desa akan dijatah dua titik hotspot atau pancaran akses internet gratis tersebut. Kantor desa dan area publik di desa akan menjadi titik pemasangannya. Nantinya, perdesa akan dijatah kecepatan internet 5 Mbps setiap bulannya," kata Ahmad di Palembang, Sabtu, 9 November 2019.
 
Untuk merealisasikan hal tersebut, pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel bekerjasama dengan PT. ICON + yang merupakan anak perusahaan PLN. Jalur akses internet di desa akan menggunakan jalur fiber optic dengan terintegrasi jalur jaringan PLN.
 
"Nanti pada 11 November 2019 Gubernur Sumsel akan melaunching program internet desa dan website desa. Sekaligus akan melakukan video confrence dengan masyarakat di desa yang mendapat internet desa," jelas Ahmad.
 
Ahmad berharap dengan adanya program internet desa ini bisa memberikan manfaat untuk kemajuan desa. Ahmad juga ingin warga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut agar tidak ada lagi ketimpangan di masyarakat.
 
"Saya ingin kemajuan di Sumsel lebih merata, masyarakat desa dengan adanya internet desa bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan yang positif, seperti memasarkan UMKM hasil-hasil kerajinan, hasil bumi, dan pariwisata," jelas Ahmad.
 
Pada 2020 mendatang, program Internet Desa akan terus diperluas dengan lebih banyak lagi desa yang dijangkau. Program tersebut juga sebagai wujud mendukung program pemerintah pusat dalam membangun sumber daya manusia.
 
"Tahun 2020 akan ditambah lagi Internet Desa secara bertahap," pungkas Ahmad.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif