Tangerang: Sistem teknologi dan informasi (IT) yang dialami maskapai di sejumlah negara mengalami kendala. PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola 20 bandara di Indonesia menyatakan sistem IT-nya masih berjalan normal.
"Sistem IT milik AP II di 20 bandara berjalan normal untuk mendukung operasional penerbangan dan pelayanan kepada penumpang pesawat," kata Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II, Cin Asmoro, Jumat, 19 Juli 2024.
Cin menuturkan sejalan dengan gangguan sistem IT tersebut, AP II bersama maskapai terkait telah menjalankan sejumlah penyesuaian dalam memproses keberangkatan penumpang pesawat. Proses check in penumpang pesawat dan bagasi dilakukan dengan manual oleh personel maskapai, khusus bagi maskapai yang mengalami gangguan sistem IT.
"Kami pun menambah personel aviation security (Avsec) dan menyiagakan personel customer service untuk membantu penumpang pesawat. Proses keberangkatan yakni check in penumpang pesawat dan bagasi dilakukan secara manual, khusus oleh maskapai yang mengalami gangguan sistem IT serta didukung pembukaan lebih banyak konter check in di bandara," jelasnya.
"Bagi maskapai yang tidak mengalami gangguan sistem IT, tetap memproses keberangkatan dengan menggunakan sistem IT mereka," ungkapnya.
Cin mengimbau kepada calon penumpang pesawat agar dapat tiba lebih awal di bandara untuk memproses keberangkatan, dan berkoordinasi dengan maskapai. "Maskapai penerbangan juga telah diinformasikan agar memberikan perkembangan terbaru secara berkala kepada penumpang," ujarnya.
Tangerang: Sistem teknologi dan informasi (IT) yang dialami maskapai di sejumlah negara mengalami kendala. PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola 20
bandara di Indonesia menyatakan sistem IT-nya masih berjalan normal.
"Sistem IT milik AP II di 20 bandara berjalan normal untuk mendukung operasional penerbangan dan pelayanan kepada penumpang pesawat," kata Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II, Cin Asmoro, Jumat, 19 Juli 2024.
Cin menuturkan sejalan dengan gangguan sistem IT tersebut, AP II bersama maskapai terkait telah menjalankan sejumlah penyesuaian dalam memproses keberangkatan penumpang pesawat. Proses check in penumpang pesawat dan bagasi dilakukan dengan manual oleh personel maskapai, khusus bagi maskapai yang mengalami gangguan sistem IT.
"Kami pun menambah personel aviation security (Avsec) dan menyiagakan personel customer service untuk membantu penumpang pesawat. Proses keberangkatan yakni check in penumpang pesawat dan bagasi dilakukan secara manual, khusus oleh maskapai yang mengalami gangguan sistem IT serta didukung pembukaan lebih banyak konter check in di bandara," jelasnya.
"Bagi maskapai yang tidak mengalami gangguan sistem IT, tetap memproses keberangkatan dengan menggunakan sistem IT mereka," ungkapnya.
Cin mengimbau kepada calon penumpang pesawat agar dapat tiba lebih awal di bandara untuk memproses keberangkatan, dan berkoordinasi dengan maskapai. "Maskapai penerbangan juga telah diinformasikan agar memberikan perkembangan terbaru secara berkala kepada penumpang," ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(DEN)