Aksi bersih-bersih Pantai Bohay Probolinggo melibatkan warga sekitar. (metrotv)
Aksi bersih-bersih Pantai Bohay Probolinggo melibatkan warga sekitar. (metrotv)

Warga Probolinggo Bersihkan Pantai untuk Tarik Wisatawan

Nasional wisata pantai Pencegahan Covid-19 protokol kesehatan
Clicks.id • 14 November 2020 12:43
Pobolinggo: Puluhan masyarakat Desa Binor membersihkan setiap sudut kawasan pantai bohay dari sampah untuk menarik wisatawan usai pandemi covid-19. Sambil membawa kantong plastik besar, mereka memunguti sampah yang mengotori pesisir pantai yang ada di ujung timur Kabupaten Probolinggo tersebut.
 
Kegiatan bersih-bersih bertajuk beach clean up ini digelar Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo.
 
"Kegiatan ini digelar dalam rangka pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi covid-19, melalui program padat karya," kata Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pulau Kecil DKP Jatim, Awalrush Andira, Sabtu, 14 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Seorang Siswi SMA di Aceh Utara Diperkosa Teman Sekelas
 
Dia menjelaskan dari kegiatan ini, sampah-sampah yang dikumpulkan banyak didominasi sampah plastik. Sampah ini berasal dari lingkungan sekitar maupun terbawa ombak laut.
 
Selain melakukan bersih-bersih kawasan Pantai Bohay, peserta juga mengikuti sosialisasi dalam menjaga kebersihan lingkungan pantai untuk mengurangi sampah plastik.
 
"Program padat karya ini digelar di 36 titik kota dan kabupaten di Jawa Timur. Program padat karya ini akan terus dilakukan dan berakhir pada Desember mendatang di minggu pertama," jelasnya.
 
Sementara Wakil Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jatim, Habib Mahdi, mengatakan ada beberapa pantai di wilayah Probolinggo yang masuk dalam program bersih-bersih pantai. Pantai Bohay dipilih dalam program ini karena dianggap layak. Selain memiliki pemandangan pantai yang bagus, Pantai Bohay juga beberapa kali telah mendapatkan perhargaan.
 
"Namun akhirnya tidak bisa semuanya. Akibat adanya pandemi covid-19 anggaran yang disiapkan terdampak refocusing," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif