Desain hunian yang dirancang ITS untuk korban Semeru. Foto: ITS/humas
Desain hunian yang dirancang ITS untuk korban Semeru. Foto: ITS/humas

Sumbangan Dana Relokasi Warga Terdampak Semeru Capai Rp29 Miliar

Nasional Erupsi Gunung Gunung Semeru Meletus Gunung Semeru Erupsi korban erupsi Gunung Semeru
Daviq Umar Al Faruq • 05 Januari 2022 14:20
Lumajang: Dana bantuan untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, hingga saat ini telah terkumpul sebesar Rp29 Miliar. Dana yang dihimpun oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lumajang tersebut nantinya digunakan untuk merelokasi permukiman warga terdampak.
 
Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, mengaku bersyukur banyak masyarakat yang terlibat dalam penanganan baik saat terjadi bencana maupun pascabencana.
 
"Saya bersyukur, orang membantu itu banyak, teman-teman dari berbagai lembaga dan komunitas itu banyak," katanya, Rabu, 5 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Siswa Dianggap Bolos jika Orang Tua Tak Izinkan PTM
 
Thoriq juga mengungkapkan, bahwa kondisi pengungsian sudah relatif normal. Saat ini, yang sedang dilakukan oleh pemerintah adalah melakukan percepatan relokasi diatas lahan seluas 81 hektare.
 
Ia menjelaskan, bantuan yang telah terkumpul disimpan di rekening Baznas Kabupaten Lumajang. Jumlah bantuan itu belum ditambah bantuan yang dikumpulkan dari lembaga lainnya.
 
Thoriq mengaku, bantuan tersebut nantinya digunakan untuk pembangunan hunian sementara (huntara) bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru.
 
"Hunian sementara ini yang bisa digunakan lama, ini kita bangun yang standar sudah ada pondasi, ada kamar mandi juga," terangnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif