Ilustrasi. (Foto: MI/Andri Widiyanto)
Ilustrasi. (Foto: MI/Andri Widiyanto)

Khofifah Larang Bawang Merah Impor Masuk Jatim

Nasional harga bawang merah
Amaluddin • 24 Desember 2019 15:37
Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melarang bawang merah hasil impor masuk ke wilayahnya. Eks Menteri Sosial itu memastikan stok bawang merah di Jatim aman.
 
"Saya tetap tidak mengizinkan impor bawang merah ke Jatim meski harga bawang merah di pasar naik. Karena stok di Jatim aman," kata Khofifah, di Surabaya, Selasa, 24 Desember 2019.
 
Khofifah tidak menyebut berapa banyak stok bawang merah di Jatim. Namun untuk kebutuhan natal dan tahun baru, ketersediaan salah satu bumbu dasar itu cukup.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau memang nanti stoknya menipis, kita akan minta suplai bawang merah dari daerah lainnya misalnya Brebes, Jawa Tengah," kata Khofifah.
 
Bawang merah mengalami kenaikan harga di pasaran jelang natal dan tahun baru. Salah satunya di Pasar Wonokromo, Pasar Tambah Rejo, dan Pasar Karah. Rata-rata harga bawang mencapai Rp35 ribu hingga RpRp40 ribu per kilogram (kg). Naik hampir dua kali lipat dari harga sebelumnya yakni Rp20 hingga Rp30 ribu per kilogram.
 
Menurut Khofifah, ada beberapa penyebab tingginya harga bawang di pasar akhir-akhir ini. Selain suplai bawang merah berkurang mendekati musim hujan, juga karena tingginya permintaan masyarakat pada momen natal dan tahun baru ini.
 
"Meskipun ada kenaikan harga bawang merah, saya tetap tidak mengizinkan impor bawang merah masuk ke Jatim," kata Khofifah.
 
Selain bawang merah, Khofifah mengklaim harga bahan-bahan pokok lainnya cenderung stabil. Misalnya harga telur sebelumnya Rp20 ribu naik Rp22 ribu per kg, minyak goreng curah naik Rp12.500 per liter dari harga sebelumnya Rp10.000. Gula pasir yang semula Rp12.000 per kg naik menjadi Rp14.000 per kg.
 
Kemudian harga daging yang semula kisaran Rp90.000 hingga Rp100.000 per kg, naik menjadi Rp130 ribu hingga Rp140 ribu per kg, daging ayam Rp32.500-Rp34.000 per kg, dan telur antara Rp21.000-Rp23.900 per kg.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif