Kasubsi Penyuluhan dan Pelayanan Informasi Bea dan Cukai Cirebon Novembrianto Nugroho. Medcom.id/Ahmad Rofahan
Kasubsi Penyuluhan dan Pelayanan Informasi Bea dan Cukai Cirebon Novembrianto Nugroho. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cara Penipu Berkedok Bea Cukai di Cirebon Beraksi

Nasional penipuan bea cukai
Ahmad Rofahan • 25 Agustus 2019 17:08
Cirebon: Bea Cukai Cirebon meminta kepada masyarakat waspada penipuan yang berkedok kebeaan yang marak terjadi. Modus penipuan diawali dengan mengirimkan barang dengan nilai di bawah ketentuan bea cukai senilai 75 dolar AS (Rp1,07 juta).
 
"Karena barang dengan nilai dibawah 75 dolar AS, tidak kena bea cukai," ujar Kasubsi Penyuluhan dan Pelayanan Informasi Bea Cukai Cirebon Novembrianto Nugroho di Cirebon, Minggu 25 Agustus 2019.
 
Pelaku nantinya mengaku mengirim barang senilai kebih 75 dolar AS, bahkan ratusan juta rupiah. Korban kemudian diminta membayar biaya bea cukai dengan nilai yang tidak sedikit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Penipuan Berkedok Bea Cukai Marak Terjadi
 
Pelaku lain berperan sebagi petugas bea cukai dan menagih biaya tersebut. Mereka mengatakan barang masih ada di bandara, pelabuhan atau bea cukai terdekat.
 
"Padahal sebenarnya barang tersebut tidak ada. Tapi karena pernah mendapatkan kiriman sebelumnya, sehingga membuat korban yakin," ujarnya.
 
Bea cukai tidak pernah menggunakan rekening pribadi atau rekening perusahaan ketika menagih pembayaran bea dan cukai. Novembrianto menyarankan warga menghubungi bea cukai terdekat jika menerima telepon dari pihak yang mengaku petugas bea cukai dan meminta transfer.
 
Warga Cirebon dapat menghubungi nomor kontak khusus Kantor Bea dan Cukai Cirebon untuk aduan atau permintaan konfirmasi pengiriman dari masyarakat. Warga juga dapat menggunakan nomor WhatsApp 08112429001.

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif