Warga memeriksa kedalaman dan lebar tanah akibat fenomena pergerakan tanah di Garut, Jawa Barat. (Foto: MI/Kristiadi)
Warga memeriksa kedalaman dan lebar tanah akibat fenomena pergerakan tanah di Garut, Jawa Barat. (Foto: MI/Kristiadi)

Fenomena Pergerakan Tanah di Garut Meluas

Nasional pergerakan tanah
Kristiadi • 31 Oktober 2019 11:36
Garut: Fenomena pergerakan tanah di tengah musim kemarau terus meluas di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Akibatnya, sejumlah makam di pemakaman umum Kampung Sukasari, Desa Mekarsari, Kabupaten Garut, dipindahkan ke lokasi lain yang dinilai lebih aman.
 
Ketua RW 04 Desa Mekarsari, Abdurrohim, mengatakan, pemindahan makam lantaran rekahan tanah cukup lebar. Ada sekitar 24 makam yang dipindahkan ke lokasi lain.
 
"Retakan akibat pergerakan tanah sudah terjadi satu minggu terakhir. Panjang retakan mencapai 100 meter dan lebar 10-30 sentimeter," ujarnya, Kamis, 31 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Abdurrohim, selain pemakaman, pergerakan tanah juga mengancam delapan rumah warga yang berdekatan dengan makam.
 
Ia mengungkapkan fenomena ini telah terjadi sejak 2018 dan semakin parah. Warga yang tinggal di dekat tebing pun harus mengosongkan rumah mereka mulai jelang malam. Bahkan mengungsi ke rumah tetangga saat hujan.
 
"Kami sering meminta warga di bawah tebing waspada karena kalau hujan sudah pasti longsor," kata dia.
 
Abdurrohim menambahkan pihaknya telah melakukan berbagai upaya menangani pergerakan tanah. Salah satunya menutup lubang rekahan dengan pasir hingga kedalaman lima meter.
 
Sementara itu, Kepala Bidang pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, mengatakan pihaknya sudah sering mengimbau warga agar waspada. Bahkan masyarakat juga diminta meninggalkan rumah guna menghindari potensi bencana.
 
"Terutama saat hujan turun sering kali terjadi longsor dan pergerakan tanah. Makanya warga mengosongkan rumah untuk mewaspadai kejadian," imbuhnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif