Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Pemkot Batu Akan Rekrut 480 PPPK

Nasional pemerintahan
Daviq Umar Al Faruq • 02 November 2019 11:20
Batu: Pemerintah Kota (Pemkot) Batu bakal membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam waktu dekat. Formasi yang dibutuhkan sebanyak 480 formasi sesuai dengan analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK).
 
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Batu, Siswanto, mengatakan pihaknya telah menyampaikan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait 480 formasi yang dibutuhkan tersebut.
 
"Rekrutmen akan dilaksanakan melalui dua tahap. Yakni tahap administrasi dan kompetensi. Kepastian pelaksanaan seleksi PPPK dan teknisnya di Kota Batu, kami masih belum tahu," kata Siswanto saat dikonfirmasi, Sabtu, 2 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Siswanto menjelaskan jumlah itu telah disesuaikan dengan jumlah pegawai non PNS di lingkungan Pemkot Batu saat ini. Menurut Siswanto untuk masyarakat yang ingin mengikuti seleksi PPPK diharuskan memenuhi sejumlah persyaratan.
 
Antara lain berasal dari kalangan profesional, Diaspora dan honorer, serta berusia minimal 20 tahun dan maksimal 1 tahun sebelum masa pensiun atau 58 tahun.
 
Mekanisme PPPK ini menggunakan sistem kontrak. Sehingga kinerja PPPK bakal dievaluasi oleh kepala daerah setiap tahunnya. Jika kerja mereka tidak maksimal maka akan diputus kontrak.
 
PPPK ini nantinya juga akan mendapatkan gaji, tunjangan serta fasilitas yang sama dengan PNS. Hanya saja, PPPK tidak mendapat uang pensiun seperti yang didapat PNS.
 
"Dalam PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan melamar menjadi PPPK sebagai jabatan fungsional," jelas Siswanto.
 
Siswanto kembali mengatakan saat ini Pemkot Batu masih belum membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pasalnya, anggaran yang telah disiapkan hanya untuk kebutuhan seleksi PPPK. Anggaran seleksi PPPK sendiri sebanyak Rp 650 juta dari APBD Kota Batu tahun 2019.
 
"Pendaftaran CPNS masih belum karena rencananya akan dilaksanakan tahun 2020. Untuk besaran anggarannya sesuai kebutuhan nanti," pungkas Siswanto.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif