NEWSTICKER
Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

32 Santri di Koto Baru Diduga Keracunan Makanan

Nasional keracunan makanan
Yose Hendra • 17 Desember 2019 15:30
Dharmasraya: Sebanyak 32 santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Ulul Albab, Nagari Koto Baru, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat, diduga mengalami keracunan. Sebanyak tujuh santri di antaranya dibawa ke Puskesmas Koto Baru, Selasa, 17 Desember 2019.
 
"Dugaan keracunan berawal dari tadi malam, di mana para santri pergi ke pesta seorang teman. Mereka lalu mengkonsumsi hidangan yang disajikan tuan rumah," ujar Camat Koto Baru, Berlian, Selasa, 17 Desember 2019.
 
Dia menjelaskan sepulang pesta, sebanyak 32 santri mengalami pusing kepala dan muntah. Sebanyak tujuh santri dibawa ke puskesmas, dan sisanya berada di asrama pondok pesantren.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka yang dirawat di Pusekesmas Koto Baru Cindi Ayu, Betris Palensia, Airin Bunga, Wulandari, Sunchi Cahnia, Zulfa dan Sahilpha Putri. Hingga siang ini masih dirawat," jelasnya.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya, Rahmadian membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya masih menyelidiki sebab dugaan keracunan itu.
 
"Kalau dari info yang kita kumpulkan, kemungkinan mereka keracunan mie goreng," ucap Rahmadian.
 
Sedikitnya dua dokter dan 10 paramedis telah ditugaskan ke Ponpes Ulul Albab untuk menolong para santri yang diduga keracunan makanan. Sebanyak 32 orang masih bertahan di Ponpes dan dirawat oleh petugas kesehatan.
 
"Ada lima belas orang petugas kita, termasuk dua dokter yang kita kerahkan ke Ponpes Ulul Albab," kata Kepala UPK Puskesmas Koto Baru, Surya.
 
Dinkes Kabupaten Dharmasraya dan Camat Koto Baru juga menurunkan tim untuk menangani persoalan tersebut. Petugas Dinkes Kabupaten Dharmasraya Rahmadona Fitri menyebut, pihaknya sudah menurunkan tim keamanan pangan untuk mengamati dan menelusuri sebab sebab kejadian.
 
"Kita berikan solusi terbaik buat masyarakat kita," tandasnya.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif