Kondisi sejumlah rumah terdampak gempa Cianjur. Foto: BNPB
Kondisi sejumlah rumah terdampak gempa Cianjur. Foto: BNPB

Pemprov Jabar Cari Relawan Bersihkan Puing-Puing Bangunan Gempa Cianjur

Media Indonesia • 30 November 2022 16:21
Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat sedang mencari relawan untuk membantu membersihkan puing-puing rumah warga di Kabupaten Cianjur yang kondisinya rusak akibat dampak gempa. Langkah itu dilakukan untuk mempercepat penanganan pascabencana, terutama berkaitan dengan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.
 
Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum, mengaku sudah berkoordinasi dengan BPBD dan Jabar Quick Respons mencari relawan-relawan tersebut. Bantuan para relawan itu juga dilakukan karena didasari pertimbangan lantaran warga terdampak gempa masih mengalami trauma.
 
"Maka kami meminta kepada JQR (Jabar Quick Respons) dan BPBD Jabar untuk mencari relawan atau tenaga yang dibutuhkan untuk mengerjakan atau membersihkan puing-puing itu," kata Uu saat kunjungannya di Kabupaten Cianjur, Rabu, 30 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu potensi relawan yang akan diperbantukan yaitu dari kalangan santri. Uu mengaku sudah meminta bantuan para kiai agar bisa mengerahkan para santri.
 
Baca: Bertambah 2, Jasad Korban Gempa Cianjur Teridentifikasi jadi 151 Orang

"Insyaallah, untuk makannya JQR siap, BPBD juga siap. Tapi kami tidak akan memberikan uang saku bagi yang datang ke sini, karena yang dibutuhkan adalah relawan," ungkapnya.
 
Upaya lain memulihkan psikis warga terdampak gempa, jelas Uu, dilakukan dengan mendorong masyarakat bisa segera beraktivitas seperti biasa. Pada tahap pemulihan psikis itu, JQR sudah siap membantunya.
 
"Jangan terus termenung diam di tenda. Tukang dagang pisang, tadi saya sudah minta kembali berjualan. Yang biasa berdagang di pasar, silakan berjualan. Yang ke sawah, ke kebun. Semuanya harus memulai aktivitas," ungkapnya.
 
Bagi Uu, mendorong masyarakat kembali beraktivitas diharapkan bisa secara lambat-laun memulihkan kondisi psikis. Apalagi banyak berdiam di tenda pengungsian dan melihat kondisi rumah mereka yang rusak.
 
"Dikhawatirkan mereka akan mengalami sakit karena pikirannya terganggu," katanya.
 
Uu mengatakan kedatangannya ke Kabupaten Cianjur pascabencana merupakan kali ketiga. Ia diperintahkan Gubenur Jabar Ridwan Kamil untuk memantau terus perkembangan penanganan pascagempa.
 
"Kegiatan (penanganan) sudah dilaksanakan semaksimal mungkin melalui tanggap darurat. Pascabencana, hal penting yang perlu dilakukan yaitu memulihkan psikis masyarakat. Jangan sampai masyarakat berlarut-larut mengalami trauma," ujarnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif