Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Primetalk

Pantauan Metro TV, Rumah Sakit di Jepara Kewalahan

MetroTV • 16 Juni 2021 09:04
Jepara: Kamera mengarah ke empat pasien covid-19 yang telantar di ruang tunggu Instalasi Gawat Darurat, Rumah Sakit Umum Daerah Kartini, Jepara, Jawa Tengah. Di sudut lain, antrean mengular di sudut menuju instalasi gawat darurat (IGD).
 
"Lamanya proses rontgen mengakibatkan banyak pasien menunggu di teras IGD rumah sakit," demikian dilaporkan kontributor Metro TV, Budi Hutomo, dalam tayangan Primetalk, Selasa, 16 Juni 2021.
 
Antrean terjadi karena pihak rumah sakit menerapkan sistem keselamatan ekstra. Sebelum pasien masuk ke dalam ruang rawat, mereka harus dipindai dan swab test.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak sampai di situ, persoalan menumpuk karena kapasitas kamar isolasi yang jumlahnya terbatas. Hanya terdapat 28 tempat tidur di RSUD Kartini dan sudah terisi penuh. 
 
Kondisi serupa juga terjadi di enam rumah sakit rujukan lain di Jepara. Penuhnya kamar isolasi di rumah sakit membuat pemerintah setempat menyiapkan beberapa tempat isolasi lain. 
 
Beberapa di antaranya, yakni asrama mahasiswa Universitas Diponegoro. Di sini, tersedia 58 tempat tidur. Pemerintah setempat juga menyiapkan balai latihan kerja dengan menyediakan 18 tempat tidur. Semuanya juga sudah terisi pasien.
 
Pemerintah Kabupaten Jepara terus mengupayakan pasien yang terkonfirmasi agar dapat mendapatkan pelayanan khusus. Untuk saat ini, banyak pasien yang sudah dikirim ke rumah sakit di luar Jepara karena rumah sakit di Jepara kapasitasnya sudah mencapai 90 persen. (Aulya Syifa Sagita/Raja Alif Adhi Budoyo)
 
Tayangan lengkap bisa dilihat di sini: Korona Melonjak, Kepala Daerah Harus Bertindak
 
(UWA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif