Bandara Tebelian Sintang di Kalimantan Barat. Istimewa/Kemenhub
Bandara Tebelian Sintang di Kalimantan Barat. Istimewa/Kemenhub

Menhub: Bandara Tebelian Sintang Kalbar Siap Diresmikan Presiden

Nasional infrastruktur Bandara Kementerian Perhubungan presiden joko widodo
Al Abrar • 08 Desember 2021 00:43
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Tebelian Sintang di Kalimantan Barat siap diresmikan Presiden Joko Widodo. Rencananya persemian dilakukan pada pada Rabu 8, Desember 2021.
 
"Hari ini Saya ke Bandara Tebelian untuk mengecek kondisi fasilitas sisi darat dan sisi udara bandara, yang direncanakan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo" kata Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 7 Desember 2021.
 
Disampaikan Budi, Bandara Tebelian Sintang dibangun sejak 2011 dan terus dilakukan pengembangannya hingga 2020 dengan total biaya sekitar Rp580 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Budi, bandara itu dibangun untuk menggantikan bandara eksisting yaitu Bandara Susilo yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi karena berada di pusat kota dan dikelilingi permukiman.
 
"Kehadiran bandara itu diharapkan dapat meningkatkan pelayanan transportasi udara di Kabupaten Sintang dan sekitarnya," ucap Budi.
 
Menhub: Bandara Tebelian Sintang Kalbar Siap Diresmikan Presiden
Disebutkan Budi, pengembangan Bandara Tebelian dilakukan di atas lahan sekitar 153,6 hektare, yang telah dihibahkan oleh Pemkab Sintang kepada Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub.
 
Bandara Tebelian saat ini memiliki terminal penumpang seluas 2.000 m persegi yang mampu melayani 75 ribu penumpang per tahun. Panjang landas pacu 1.820 meter dan lebar 30 meter yang mampu didarati pesawat sejenis ATR-72/600, taxiway 160 meter x 18 meter dan Apron 220 meter x 60 meter, yang mampu menampung 4 pesawat ATR-72.
 
Selain itu, Menhub juga meninjau Bandara Pangsuma, yang terletak di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. 
 
“Saya senang sekali karena ini pertama kalinya Saya hadir disini, untuk meninjau bandara yang berada di daerah perbatasan Indonesia – Malaysia,” tutur Menhub.
 
Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara berencana melakukan pengembangan Bandara Pangsuma, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan dan pelayanan penerbangan, serta untuk mendongkrak perekonomian di wilayah Putussibau dan sekitarnya.
 
Menhub: Bandara Tebelian Sintang Kalbar Siap Diresmikan Presiden
 
Bandara Pangsuma saat ini memiliki runway sepanjang 1.800 m x30 m yang dapat didarati pesawat sejenis ATR-72 dan terminal penumpang seluas 1.020 meter persegi. 
 
Pembangunan dilakukan sejak 2014 hingga 2019 dengan total biaya sekitar Rp48 miliar. Pada tahun 2021, kembali dilakukan sejumlah pengembangan yaitu: pelapisan runway, taxiway, apron, dan standarisasi runway strip.
 
Bandara Tebelian dan Pangsuma merupakan dua dari empat bandara di Provinsi Kalbar, yang dikelola oleh Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub.
 
"Pengembangan bandara Tebelian dan Bandara Putussibau diharapkan semakin meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas di Provinsi Kalbar dan sekitarnya," ujar Menhub.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif