Anggota Polres Flotim di kirim ke Adonara. (Foto: MI/Gabriel Langga)
Anggota Polres Flotim di kirim ke Adonara. (Foto: MI/Gabriel Langga)

Kades Pastikan Konflik Adonara Bukan Perang Tanding

Media Indonesia.com • 08 Oktober 2021 08:18
Larantuka: Kepala Desa Narasaosina, Yeremias Kewa Ama, menegaskan konflik antarwarga Desa Saosina dan warga Wotan di Kecamatan Adonara Timur yang terjadi Kamis, 7 Oktober 2021, bukan perang tanding melainkan tawuran antarpemuda.
 
"Saya perlu meluruskan bahwa yang terjadi itu tawuran antarpemuda. Bukan perang tanding seperti yang diberitakan" ujar dia, Kamis, 7 Oktober 2021.
 
Dia pun mengatakan konflik warga bermula dari perkelahian antarpemuda dua desa. Kemudian menyulut bentrok warga dengan menggunakan senjata tajam seperti anak panah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekali lagi, saya tegaskan bukan perang tanding. Tapi tawuran pemuda. Situasi sekarang sudah kondusif. Sudah ada aparat yang jaga," ungkap Yeremias.
 
Baca juga: 62.670 KK di Ngawi Terdampak Kekeringan Kritis
 
Sementara itu, Wakil Bupati Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Agutinus Payong Boli, meminta semua elemen warga agar menahan diri dalam menyikapi bentrok antarwarga yang kembali terjadi di Pulau Adonara.
 
"Semua pihak harus menahan diri dan tidak melibatkan diri dalam masalah ini agar persoalan bisa dilokalisasi," katanya.
 
Agustinus mengatakan pemerintah bersama TNI dan Polri akan menyelesaikan masalah ini dengan pendekatan budaya adat Lamaholot atas filosofi "kakan keru arin baki" yang artinya \ semua warga suku Lamaholot saling bersaudara dan kampung-kampung adalah kampung kakak beradik.
 
"Kami yakni persoalan ini bisa terselesaikan karena hakikat Lamaholot adalah 'kakan kerun arin baki'," jelasnya.
 
Sebelumnya, peristiwa bentrok ini mengakibatkan salah satu anggota polisi terkena anak panah di kaki. Sementara salah satu warga diketahui juga terkena panah di leher. 
 
(MEL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif