Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo. Medcom.id/Nur Azizah
Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo. Medcom.id/Nur Azizah

Warga Kulon Progo Dilatih Jadi Pramugari

Nasional angkasa pura 1
Nur Azizah • 06 Februari 2018 04:35
Kulon Progo: Sebanyak 26 warga Kulon Progo, Yogyakarta dilatih untuk menjadi pramugari. Mereka adalah warga terdampak pembangunan New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA).
 
Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan, pelatihan angkatan pertama akan mulai Maret 2018 dan berakhir Juni 2018. Setelah lulus, mereka bisa  bekerja di maskapai Lion Air dan Sriwijaya Air.
 
"Kami juga berkerja sama dengan AP (Angkasa Pura) I untuk pelatihan aviation security. Ini untuk menyerap tenaga kerja warga Kulon Progo," kata Hasto di kantor Help Desk NYIA, Wates, Yogyakarta, Senin, 5 Februari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemkab Kulon Progo juga sudah meluluskan sejumlah angkatan pelatihan calon petugas ground handling. Nantinya mereka akan ditempatkan langsung di NYIA.
 
Sementara itu, PT AP I menargetkan bakal ada ribuan warga terdampak NYIA yang akan terserap. Sebelumnya mereka bekerja sebagai petani.
 
General Manager Bandara Adisucipto Agus Pandu Purnama mengatakan, saat ini sudah ada 83 warga yang bekerja di proses land clearing. Jumlah tenaga kerja akan bertambah di tahap konstruksi.
 
"Pastinya pas tahap lanjut kontruksi membutuhkan banyak tenaga. Ini komitmen kami, mengutamakan warga terdampak untuk bekerja tidak menjadi penonton," kata Pandu.
 
Ia menyebutkan, setiap satu juta penumpang yang datang setidaknya dibutuhkan seribu tenaga kerja. "Dan kami menargetkan ada 14 juta setiap tahunnya. Jadi, dibutuhkan 14 ribu tenaga kerja," ucap Agus.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif