KPU Sulsel: Real Count Merupakan Alat Kontrol Penghitungan

Andi Aan Pranata 30 Juni 2018 14:14 WIB
pilkada 2018
KPU Sulsel:<i> Real Count</i> Merupakan Alat Kontrol Penghitungan
Ilustrasi kotak suara, Medcom.id - M Rizal
Makassar: KPU masih menghitung suara untuk Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga Sabtu, 30 Juni 2018. Hingga berita dihimpun, pukul 13.40 Wita, portal publikasi milik KPU menunjukkan penghitungan dilakukan pada 94,84 persen atau 16.260 dari 17.145 tempat pemungutan suara (TPS).

Penghitungan sementara, pasangan calon Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman unggul dalam Pilgub Sulsel 2018. Pasangan tersebut mengungguli tiga rivalnya dengan perolehan 1.763.969 suara atau 43,66 persen. 

Lalu pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar dengan 27,26 persen atau 1.101.067 suara, Ichsan Yasin Limpo-Andi Muzakkar meraih 19,30 persen atau 779.675 suara, dan Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo mendapat 9.77 persen atau 394.635 suara.


Komisioner KPU Sulsel Uslimin mengatakan real count digelar sejak pemungutan suara 27 Juni dan dijadwalkan ditutup hari ini. Masyarakat diminta menunggu keputusan resmi soal pemenang Pilgub berdasarkan rekapitulasi berjenjang di tingkat kecamatam, kota, dan provinsi.
  
Seperti dijelaskan pada laman portal publikasi hasil pilkada, real count sebagai pelayanan kepada masyarakat untuk mengetahui hasil Pilkada secara cepat dan transparan. Data berasal dari entri Model C1 apa adanya. Real count bersifat sementara dan tidak final.

"Real count merupakan alat kontrol, bukan keputusan akhir KPU. Hasil rekapitulasi berjenjang itu yang menjadi hasil keputusan KPU," kata Uslimin.

Meski begitu, real count tetap bisa menjadi gambaran umum bagi masyarakat seputar hasil akhir Pilkada. Sebab data yang ditampilkan biasanya tidak jauh berbeda dengan hasil akhir rekapitulasi.

Portal KPU, kata dia, memasukkan pindaian C1 dari tiap TPS. Sedangkan rekapitulasi berjenjang dilakukan dengan menghitung suara pada lembaran fisik C1 yang ditandai dengan hologram khusus.

"Biasanya hasil tidak jauh berbeda. Kecuali ada kejadian khusus, seperti salah input atau memasukkan data yang sama dua kali," ujarnya.

Sesuai tahapan KPU, Pilgub Sulsel memasuki tahapan rekapitulasi di tingkat kecamatan antara 28 Juni hingga 3 Juli. Dilanjut dengan rekapitulasi tingkat kabupaten/kota pada 4-6 Juli, lalu rekapitulasi dan penetapan hasil pemilihan pada 7-9 Juli.



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id