Delapan siswa dari SMP Negeri 1 Sungai Lilin dan SMP Negeri 1 Babattoman berkunjung ke Margaret River Senior High School (MRSHS) Perth, Australia Barat (Foto:Dok)
Delapan siswa dari SMP Negeri 1 Sungai Lilin dan SMP Negeri 1 Babattoman berkunjung ke Margaret River Senior High School (MRSHS) Perth, Australia Barat (Foto:Dok)

Siswa SMP dari Kabupaten Muba Berkesempatan Belajar di Australia

Nasional Putera Sampoerna Foundation
Anggi Tondi Martaon • 28 Desember 2018 11:20
Jakarta: Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex mengantarkan delapan siswa dari SMP Negeri 1 Sungai Lilin dan SMP Negeri 1 Babattoman berkunjung ke Margaret River Senior High School (MRSHS) Perth, Australia Barat. Kunjungan juga diikuti oleh empat perwakilan guru dari kedua sekolah.
 
Dodi berharap peserta mendapatkan pengalaman berharga dari kunjungan tersebut dan mampu menerapkan ilmu yang didapatkan.
 
"Nanti ilmu pengetahuan yang diperoleh harus dipelajari dengan baik dan dapat diterapkan di sekolah masing-masing,” kata Dodi dalam keterangan tertulis, Kamis, 27 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Wakil Ketua Komisi VI DPR itu meminta para pelajar dapat terus belajar dan mengukir prestasi. "Kalau berprestasi bisa saja nanti mendapat beasiswa untuk kuliah di luar negeri dan semua biayanya akan ditanggung,” ujarnya.
 
Selama kunjungan tersebut, para peserta termasuk guru pendamping mengikuti dan melihat proses belajar mengajar yang diterapkan.
 
Siswa SMP dari Kabupaten Muba Berkesempatan Belajar di Australia
 
"Membawa langsung para guru dengan ikut langsung belajar bersama siswa setempat, diharapkan para guru dari Muba memahami kurikulum internasional dan bisa diterapkan di Muba," ujar dia.
 
Kunjungan tersebut merupakan hasil kerja sama Pemerintah Kabupaten Muba bersama program Putra Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO).
 
Peserta yang diberangkatkan berasal dari SMP Negeri 1 Sungai Lilin yaitu Aulia Arindita, Iqliyatul Aulia, Yogi Pratama, dan Putri Nur Erina. Mereka didampingi Widya Hartini dan Masitoh.
 
Siswa SMP dari Kabupaten Muba Berkesempatan Belajar di Australia
 
Kemudian, dari SMP Negeri 1 Babat Toman diwakili Nabila Hartina, Dely Aulia, Alfritz, dan Arif Gunawan. Mereka didampingi Husnita dan Sri Ningsih.
 
Menurut Direktur PSF-SDO Gusman Yahya, Kabupaten Muba dinilai berhasil menjalankan program Lighthouse School Program (LSP). Diharapkan guru atau tenaga pendidik di Muba dapat menularkan materi LSP kepada tenaga pendidik lainnya di daerah itu.
 
"Kami memilih dan menunjuk sebanyak empat guru dan delapan siswa asal Muba untuk belajar ke Margaret River Senior High School di Australia Barat. Ini kesempatan emas untuk mempelajari bagaimana siswa di sana belajar baik di dalam maupun di luar kelas,” kata Gusman.

 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif