Ilustrasi/MI
Ilustrasi/MI

Harga Bawang Putih di Kupang Tembus Rp90 Ribu per Kg

Nasional harga bawang
Palce Amalo • 14 Mei 2019 14:35
Kupang: Harga bawang putih di tiga pasar tradisional di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur terus melambung. Dari pantauan di sejumlah pasar tradisional, harga bawang putih telah mencapai Rp90 ribu per kg, sebelumnya harga bawang putih dijual Rp70 ribu per kg.
 
"Permintaan bawang putih tetap stabil, tetapi stok di pedagang berkurang, yang membuat harga melambung," tutur Ella, pedagang bawang di Pasar Tradisional Oebobo, Kelurahan Fatululi, Kupang, Selasa 14 Mei 2019.
 
Harga bawang putih di dua pasar tradisional lainnya juga sama yakni Pasa Tradisional Oeba dan Pasar Tradisional Kasih. Namun di pedagang lainnya, stok bawang putih habis seperti pedagang Ribka Leo di Pasar Oebobo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak ada lagi stok bawang putih, sudah habis dari dua hari lalu. Kalau bawang merah kami jual dengan harga Rp50 ribu per kg," terang Leo.
 
Menurut Ribka, bawang putih langka karena harus didatangkan dari Surabaya, Jawa Timur. Jika tidak ada pengiriman bawang seperti saat ini, stok di pedagang berkurang bahkan kosong. Menurutnya, sejumlah pedagang masih menjual bawang putih produksi lokal, namun jumlahnya terbatas.
 
"Bawang putih lokal siungnya kecil dijual dengan harga Rp40 ribu per kilogram, itu pun terbatas," ujarnya.
 
Sementara itu, Bulog Divisi Regional NTT terus menggelar operasi pasar (OP) meliputi bawang merah, bawang putih, gula, beras, dan minyak goreng untuk menyediakan sembako murah bagi masyarakat.
 
Harga bawang putih yang dijual Bulog setempat sebesar Rp55 ribu per kg dan bawang merah Rp35 ribu per kg. Kegiatan OP tersebut dipusatkan di halaman rumah ibadah dan kantor lurah. Namun OP tersebut ternyata belum mampu menurunkan harga bawang di pasar.
 
Untuk itu, Bulog berencana menggelar OP bawang di pasar-pasar tradisional dalam waktu dekat.
 
"Kami akan koordinasi dengan petugas di pasar untuk menggelar OP di sana,' ujar Kepala Seksi Umum dan Humas Bulog Divre NTT Zulkarnain.
 
Menurut Zulkarnain, pihaknya sudah mendatangkan 1,5 ton bawang putih selama kegiatan operasi pasar. Bulog masih akan mendatangkan bawang
putih dalam beberapa hari mendatang.
 
"Saat ini stok bawang putih di gudang masih satu ton," ujarnya.
 
Sementara itu harga bahan kebutuhan pokok lainnya di lokasi operasi pasar yakni gula dan beras premium masing-masing dijual Rp11 ribu per kg. Dan minyak goreng juga dijual Rp11 ribu per liter.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif