NEWSTICKER
Mendagri Tito Karnavian saat melaunching Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk Jatim di Grand City Surabaya. (Medcom.id/Amal)
Mendagri Tito Karnavian saat melaunching Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) untuk Jatim di Grand City Surabaya. (Medcom.id/Amal)

Jatim Provinsi Pertama Terapkan Layanan ADM di Indonesia

Nasional pelayanan kependudukan e-ktp
Amaluddin • 31 Januari 2020 19:10
Surabaya: Pemprov Jawa Timur menjadi provinsi pertama yang menerapkan implementasi layanan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Alat itu diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ke Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Grand City Surabaya, Jumat, 31 Januari 2020.
 
"Alat ini memungkinkan masyarakat mencetak KTP elektronik, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian secara mandiri, dengan cepat," kata Tito.
 
Tito mengatakan, implementasi ADM ini adalah bagian dari penyederhanaan birokrasi, dan perizinan sesuai perintah Presiden Joko Widodo. Tito yakin alat tersebut bakal memudahkan masyarakat untuk mencetak KTP elektronik, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mesin ini sangat banyak manfaatnya untuk mempermudah layanan publik. Masyarakat yang tadinya harus lewat RT, RW, kelurahan, dan kecamatan. Lempar sana lempar sini, dengan mesin ini lebih mudah. Layanan publik akan jadi lebih baik," ujarnya.
 
Tidak hanya itu, keberadaan ADM ini juga bisa untuk mencegah korupsi. Terjadinya korupsi itu karena ada kesempatan masyarakat, bertemu otoritas yang punya kewenangan.
 
"Nah sekarang enggak ketemu. Dengan memasukkan NIK, mereka bisa mencetak empat dokumen yang sangat penting. Tetapi, kami di Kemendagri ini tidak punya biaya. Kami punya database dan sistem, biayanya kami minta pemerintah daerah," kata Tito.
 
Pemprov Jatim, menurut Tito, menjadi provinsi pertama yang membeli dan akan mengaplikasikan anjungan ini di sejumlah daerahnya. Kabupaten Magetan menjadi kabupaten pertama yang memesan alat tersebut.
 
"Kemudian Bu Khofifah ingin ini diterapkan di seluruh Jatim, sehingga ada kabupaten lain yang juga membeli secara serentak, di antaranya Sidoarjo dan Jombang," kata mantan Kapolri itu.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif