NEWSTICKER
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

BPS Jepara Mulai Sensus Penduduk Daring

Nasional Sensus Penduduk
Rhobi Shani • 14 Februari 2020 16:22
Jepara: Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jepara akan melakukan sensus penduduk tahun 2020 (SP2020) secara daring pada Sabtu, 15 Februari hingga 31 Maret 2020 melalui sensus.bps.go.id. Kepala BPS Jepara, Suryokoco, mengatakan sensus ini terbagi dua tahap.
 
Pertama mengkombinasikan data kependudukan dan catatan sipil, dengan data yang dimasukkan mandiri oleh masyarakat secara daring. Tahap kedua wawancara dari rumah ke rumah oleh petugas BPS, akan dilakukan pada Juli 2020.
 
"Khusus SP2020 daring target nasional partisipasi masyarakat 20 hingga 30 persen. Tapi kami targetkan minimal 22 persen namun tetap kita maksimalkan lebih dari itu," kata Suryokoco di Jepara, Jumat, 14 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Suryokoco menjelaskan SP2020 daring menggunakan nomor induk keluarga (NIK) sebagai kode rahasia. Satu gawai bisa digunakan untuk satu keluarga, dengan NIK yang masuk dalam kartu keluarga (KK) tersebut. Selanjutnya petugas BPS hanya perlu melakukan daftar periksa data kependudukan.
 
"Petugas BPS baru diterjunkan pada tahap kedua mendata dari rumah ke rumah penduduk yang belum berpartisipasi dalam SP2020 secara daring," jelas Suryokoco.
 
Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara, Edy Sujatmiko, berharap penyelenggaraan SP2020 dapat berjalan dengan lancar. Pihaknya meminta dukungan dari semua pihak untuk turut serta menyukseskan pelaksanaan sensus tersebut.
 
"Saya meminta dukungan dari semua pihak, baik instansi pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk turut serta menyukseskan pelaksanaan SP2020," kata Edy.
 
Sensus penduduk sangat diperlukan oleh sebuah negara. Karena mampu menghasilkan informasi-informasi dasar yang berguna. Itu untuk perencanaan pembangunan, serta pengembangan, dan peningkatan mutu hidup seluruh penduduk.
 

 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif