Peta jalur alternatif Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dipasang di Pos Polisi Simpang Gadog, Ciawi, Bogor. (ANTARA/M Fikri Setiawan)
Peta jalur alternatif Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dipasang di Pos Polisi Simpang Gadog, Ciawi, Bogor. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Catat! Ini 5 jalur Alternatif Menuju Kawasan Puncak Bogor

Nasional liburan Kabupaten Bogor Jalur Puncak Bogor Macet Idulfitri 1443 Lebaran 2022
Antara • 03 Mei 2022 12:50
Bogor: Polres Bogor mencatat ada lima jalur alternatif menuju Puncak, Kabupaten Bogor, atau sebaliknya bagi para wisatawan saat libur Lebaran 1443 Hijriah. Ini untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di jalur Ciawi-Gadog.
 
"Jalur Puncak merupakan destinasi wisata, sehingga peningkatan arus volume terjadi di H+1 Lebaran," ungkap Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi di Bogor, Selasa, 3 Mei 2022.
 
Lima jalur alternatif tersebut yaitu, pertama, Tol Sentul Selatan-Babakan Madang-Pasir Angin dengan rute arah Jakarta menuju Puncak, keluar di Simpang Pasir Angin. Jalur tersebut memiliki panjang sekitar 20 kilometer dan lebar jalan enam meter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, Cileungsi-Jonggol-Cariu dengan rute Jakarta-Cianjur-Bandung. Jalur tersebut memiliki panjang sekitar 55 kilometer, dengan lebar jalan sekitar delapan meter.
 
Ketiga, Cilember-Jogjogan-Ciburial. Jalur tersebut merupakan alternatif mudik dan wisata Puncak dengan panjang jalan sekitar delapan kilometer dan lebar sekitar lima meter.
 
Baca: Hari Kedua Lebaran, Arus Kendaraan di Tol Japek Masih Padat
 
Keempat, Jatiwangi-Bendungan-Ciawi, yaitu rute alternatif balik jalur Puncak dengan panjang sekitar 13 kilometer dan lebar enam meter.
 
Kelima, Cigombong/Caringin-Cipaku Kota Bogor, dengan rute dari Sukabumi menuju Cipaku Kota Bogor. Jalur ini memiliki panjang sekitar 14,7 kilometer dan lebar jalan sekitar delapan meter.
 
Selama Operasi Ketupat yang dilaksanakan dalam rangka mengamankan selama masa arus mudik, arus balik, dan libur Lebaran, Polres Bogor beserta instansi-instansi terkait menurunkan sekitar 2.000 personel untuk bersiaga di seluruh kawasan Bogor.
 
Dicky menyebutkan, jalur Puncak, Kabupaten Bogor, tak banyak digunakan sebagai jalur mudik, melainkan jalur wisata libur Lebaran.
 
"Saat ini ada kebijakan dari pemerintah terkait one way di jalur Cikampek menuju Jawa, tentu ini pasti akan memiliki imbas ke sini, maka kami tetap menyiagakan personel untuk bersiaga," kata Dicky. 
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif