Salah satu korban lahar panas letusan gunung Semeru dievakuasi (Foto/Istimewa)
Salah satu korban lahar panas letusan gunung Semeru dievakuasi (Foto/Istimewa)

Bantuan Sembako Hingga Trauma Healing Diberikan bagi Korban Erupsi Gunung Semeru

Juven Martua Sitompul • 31 Desember 2021 02:14
Jakarta: Bantuan bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur (Jatim), masih terus berdatangan. Salah satunya bantuan dari Bumame Farmasi bekerja sama dengan Mahasiswa Pecinta Alam (MPA) Aranyacala Trisakti.
 
Penyaluran bantuan diwakilkan tim MPA yang berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan DIMPA (Divisi Mahasiswa Pencinta Alam) Universitas Muhammadiyah Malang. Penyerahan bantuan ini meliputi bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat seperti, baju hangat layak pakai, pakaian anak, pakaian dalam, makanan, kebutuhan dapur, dan bumbu-bumbu untuk kebutuhan dapur umum di posko-posko bencana.
 
Kehadiran tim MPA Aranyacala Trisakti juga turut membantu persoalan kurangnya sumber daya manusia atau relawan untuk mengalokasikan pendistribusian bantuan yang sudah diberikan oleh para donatur. Tim MPA dan Bumame Farmasi membantu memaksimalkan dan mempercepat pendistribusian bantuan langsung pada para korban hingga ke zona merah bencana yang radiusnya hanya 7 KM dari Gunung Semeru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari CSR yang dilakukan oleh Bumame Farmasi untuk membantu korban bencana erupsi Gunung Semeru. Bantuan yang disalurkan pun merupakan bantuan pokok yang memang saat ini sangat dibutuhkan, salah satunya adalah baju hangat layak pakai yang diserahkan pada tiga posko, yaitu Kecamatan Pronojiwo, Desa Oro-oro Ombo, dan Supiturang yang letaknya dekat dengan zona berbahaya," kata Ketua MPA Aranyacala Trisakti, Edho, melalui keterangan tertulis, Kamis, 30 Desember 2021.
 
Selain memberikan bantuan berupa kebutuhan bahan pokok dan mengirim relawan, Bumame Farmasi bersama MPA Aranyacala Trisakti mengadakan program trauma healing khusus anak-anak korban bencana erupsi Gunung Semeru.
 
"Kami juga fokus pada program trauma healing untuk anak-anak korban bencana, karena kami paham betul bahwa anak-anak ini harus dibantu agar tidak mengalami trauma pasca bencana yang berkepanjangan kedepannya," kata Direksi Utama Bumame Farmasi James Wihardja.
 
Baca: 2 Jenazah Korban Erupsi Semeru Ditemukan Terjebak di Truk Pasir
 
Anggota BPBD, Yudi, mengungkapkan program trauma healing sangat dibutuhkan, terutama bagi anak-anak korban bencana. Apalagi, salah satu pemicu trauma, yaitu pengalaman yang tidak menyenangkan yang disebabkan ketidaksiapan menghadapi peristiwa tertentu, dalam hal ini adalah bencana erupsi yang datang tanpa adanya peringatan dini.
 
Dia berharap melalui terapi trauma healing, korban bisa benar-benar sembuh dari perasaan takut, perasaan cemas hingga perasaan trauma terhadap bencana. Terpenting, dapat menjalani kehidupannya sebagaimana sebelum bencana terjadi.
 
Bumame Farmasi juga memberikan bantuan 5.000 pcs rapid test yang dialokasikan pada Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan di area bencana, untuk memantau dan meminimalisir penularan covid-19 karena kondisi posko yang menampung korban bencana cukup banyak. Bumame Farmasi berkomitmen untuk terus mendampingi para korban bencana Gunung Semeru melalui trauma healing yang lebih menyeluruh dan mendalam.
 
Pada kesempatan ini, pihak-pihak lain diajak menjadi relawan dalam program trauma healing yang dilakukan sebagai salah satu rangkaian CSR Bumame Farmasi untuk korban erupsi Gunung Semeru. Masyarakat yang ingin menjadi bagian dari program ini, bisa menghubungi Bumame Farmasi melalui email info@bumame-farmasi.com dengan subject 'Relawan Trauma Healing Semeru'.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif