Ilustrasi Situasi penumpang di Bandara. Dokumentasi/ Metro TV
Ilustrasi Situasi penumpang di Bandara. Dokumentasi/ Metro TV

Bandara Sultan Hasanuddin Mulai Buka Posko Angkutan Lebaran

Nasional Mudik Lebaran Makassar Info Mudik Mudik 2022
Muhammad Syawaluddin • 25 April 2022 13:45
Makassar: Bandara Internasional Sultan Hasanuddin resmi membuka posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2022. Posko ini untuk mengantisipasi pergerakan penumpang yang diperkirakan naik sangat signifikan. 
 
General Manager Bandara Sultan Hasanuddin, Wahyudi, mengatakan posko Lebaran 2022 terletak di area lobby keberangkatan. Posko ini akan beroperasi selama 16 hari mulai 25 April hingga 10 Mei 2022 mendatang. 
 
"Kesiapan sarana dan fasilitas bandara telah dipastikan siap dan akan dilakukan inspeksi rutin," katanya, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 25 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengawasan dan pemantauan dilakukan secara manual seperti adanya patroli gabungan dan secara digital dengan mengandalkan Airport Operation Control Center (AOCC) agar dapat beroperasi secara efektif dan efisien. 
 
Baca: Memasuki Puncak Mudik, Kenaikan Penumpang di YIA Capai 80%
 
"Kami juga berkoordinasi dengan stakeholder seperti Otoritas Bandara, Airnav, TNI, Kepolisian, Maskapai dll demi kelancaran operasional di bandara," jelasnya. 
 
Kebijakan perjalanan tahun ini menggunakan aturan baru. Aturan itu tertuang Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 36 Tahun 2022 tentang syarat tentang Petunjuk Perjalanan Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19.
 
Dalam aturan tersebut pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dengan vaksin dosis 1 wajib menunjukkan hasil swab negatif yang berlaku selama tiga hari. PPDN dengan Vaksin Dosis 2 wajib menunjukkan hasil antigen negatif yang berlaku 1x24 jam.
 
"Sebagaimana diketahui juga ada sedikit tambahan aturan melalui Addendum SE Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022  yang menambahkan bahwa anak usia 6-17 tahun tidak perlu melakukan tes covid-19 apabila sudah melakukan vaksin dosis 2," ungkapnya. 
 
Layanan vaksinasi dan tes covid-19 di bandara masih terus tersedia bagi pengguna jasa yang membutuhkan layanan tersebut untuk memenuhi syarat perjalanan sesuai dengan aturan yang berlaku.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif