Kebakaran RSUD Leuwiliang Kabupaten Bogor. Istimewa
Kebakaran RSUD Leuwiliang Kabupaten Bogor. Istimewa

RSUD Leuwiliang Kabupaten Bogor Kebakaran

Nasional kebakaran rumah Kebakaran Gedung Kabupaten Bogor
Rizky Dewantara • 25 April 2022 23:53
Bogor: Gedung rawat inap di RSUD Leuwiliang Kabupaten Bogor terbakar Senin malam, 25 April 2022. Kebakaran di lantai 4 itu diduga akibat korsleting listrik.
 
"Awalnya ada kebocoran pada plafon di lantai empat, dugaan sementara kebakaran dari plafon yang bocor karena muncul asap dari atap tersebut," ujar Kabag Tata Usaha RSUD Leuwiliang Deni Kaswaran saat dihubungi medcom.id, Bogor, Jawa Barat, Senin, 25 April 2022.
 
Deni menyebutkan, dengan informasi tersebut pihaknya melakukan pengecekan pada lantai empat tempat pasien rawat inap. Ternyata memang benar adanya kobaran api yang terjadi sekira pukul 20:00 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami melakukan tindakan-tindakan agar api tidak menyebar keruangan lain, untuknya unit damkar sudah berdatangan dari setiap sektor. Karena kami telah menghubungi pihak damkar," ujarnya.
 
Baca: RS Bakti Husada Banyuwangi Terbakar, Pasien dan Nakes Berhamburan
 
Lebih lanjut, untuk pasien rawat inap yang ada di lantai empat, pihaknya telah melakukan evakuasi dengan memindahkan seluruh penghuni di lantai empat ke tempat yang lebih aman. 
 
"Tindakan awal evakuasi pasien dan membantu pemadaman dengan petugas damkar telah kami lakukan," kata Deni. 
 
Sebanyak tujuh unit mobil pemadam kebakaran yang berasal dari sektor wilayah Damkar Kabupaten Bogor diterjunkan untuk memadamkan api.
 
"Armada yang turun dari sektor leuwiliang dua unit, Ciomas satu unit, Parung Panjang satu, Parung satu, Cibinong satu dan Ciawi unit. Sampai saat ini petugas masih mendinginkan kondisi bangunan, alhamdulillah api telah dapat ditangani," ungkap Kasie Penyelamatan Damkar kabupaten Bogor, Asan.
 
Dia menjelaskan, sejauh ini tak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Hanya ada satu orang pihak keamanan rumah sakit yang mendapatkan bantuan pernapasan karena sesak lantaran banyak menghirup asap. 
 
"Saat ini semua sudah ditangani dan  kami berhasil menjinakkan titik api yang berasal dari plafon gedung lantai empat," ujarnya. 
 
Menurut Asan, kejadian kebakaran terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Awal mulanya saat petugas menggunakan alat komunikasi (HT) kemudian ada petir dan menyambar bagian bangunan. 
 
“Awalnya ada petugas RSUD Leuwiliang yang di atap menggunakan HT, kemudian ada petir, setelah itu merambat pada kabel pada plafon di lantai empat sehingga terjadilah arus pendek listrik,” tambahnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif