Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berziarah ke makam Presiden keempat RI KH Abdurahman Wahid (Gus Dur). (Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berziarah ke makam Presiden keempat RI KH Abdurahman Wahid (Gus Dur). (Istimewa)

Gubernur Jateng Ziarah ke Makam Gus Dur

Nasional gus dur nahdlatul ulama Ganjar Pranowo Jawa Timur
Lukman Diah Sari • 17 April 2022 21:38
Jombang: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berziarah ke makam Presiden keempat Indonesia KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), di Kompleks Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Ganjar menilai Gus Dur adalah sosok negarawan yang sangat tenang setiap menghadapi persoalan. 
 
"Sebenarnya sudah agak lama sih saya mau ke sini tapi waktunya belum cocok, yang cocok hari ini," kata Ganjar usai berziarah, Minggu, 17 April 2022.
 
Ganjar menuturkan Gus Dur merupakan pahlawan kemanusiaan. Hal itu sesuai dengan jasa-jasa Gus Dur dalam membuka ruang toleransi dan demokrasi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beliau itu membuat saya sebagai anak muda senang, karena memberikan ruang demokrasi. Semua masalah itu ditanggapi dengan enteng, padahal itu serius sekali makna-makna di dalamnya," ungkap Ganjar.
 
Baca: Jelang Ramadan, Puluhan Ribu Peziarah Padati Makam Gus Dur di Jombang
 
Dia pun menyebut organisasi Nahdlatul Ulama (NU) tak perlu diragukan lagi soal sejarahnya. Termasuk sumbangsih yang diberikan untuk kehidupan beragama di Indonesia.
 
"Organisasi yang sangat besar dan bagaimana kemudian berkontribusi pada bangsa dan negara melalui pesantren itu kan luar biasa," ujar Ganjar.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif