Menhub Kaji Pelanggaran Manifes KM Lestari Maju
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah)> (Foto: Andi Aan P)
Makassar: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut KM Lestari Maju yang kandas di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, tidak kelebihan penumpang. Hanya saja operator diduga melanggar aturan, karena jumlah penumpang yang diangkut tidak sesuai dengan daftar manifes.

KM Lestari Maju berlayar dengan manifes berisi 139 penumpang. Selain itu terdapat 48 unit kendaraan berbagai jenis. Namun belakangan petugas gabungan mengaku telah mengevakuasi 202 korban kecelakaan, terdiri dari 36 meninggal, dan 166 selamat.

"Kelebihan muatan tidak, karena kapal bisa mengangkut sampai 200 orang lebih. Tapi ada indikasi jumlah penumpang melebihi yang ada di manifes. Berapanya, kami menunggu laporan sampai sore," kata Menteri Budi pada konferensi pers di ruang VIP Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu, 4 Juli 2018.


Budi menyatakan, Kemenhub sejauh ini belum menerima laporan formal soal korban kecelakaan KM Lestari Maju. Karenanya dia tidak bisa menyampaikan secara khusus angka terkait jumlah korban tewas, luka-luka, dan selamat. 

Dia menunggu laporan soal itu dari Polri dan Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) yan rencananya diserahkan pada malam ini.

“Semua yang bersangkutan dengan kapal, izin, kelayakan, jumlah penumpang, yang meninggal SOP (standar prosedur operasional), akan kami dapatkan nanti malam atau besok pagi. Nanti akan disampaikan secara formal,” ujar Budi.

Jika benar terjadi ketidaksesuaian manifes, Budi memastikannya sebagai kesalahan syahbandar dan petugas pengawas. Demikian halnya operator, yang menyalahi peraturan. Semua, kata dia, bakal mendapatkan sanksi tegas.

“Tentunya petugas akan menanggung. Sanksi (bagi operator) izin pasti kita cabut. Tapi secara profesional, seperti apa, besok akan disampaikan dalam rekomendasi dari KNKT,” Budi melanjutkan.

Budi Karya beserta Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono berkunjung ke Selayar pada Rabu pagi untuk melihat langsung situasi di lokasi kecelakaan KM Lestari Maju. Dia sekaligus mengecek penanganan terhadap para korban. Menteri memastikan seluruh korban mendapatkan santunan ganti rugi melalui Jasa Raharja, terutama mereka yang meninggal.

“Saya menyampaikan duka cita yang mendalam bagi saudara-saudara kita. Semoga saudara kita mendapatkan tempat di sisi Allah dan khusnul khatimah,” kata Budi.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id