Festival Embung Ramadan digelar di Pandeglang
Lomba memancing dalam Festival Embung Ramadan diikuti hampir 150 orang dari berbagai desa sekitar embung Ranca Anis. JMI/Dewi Nurcahyani
Pandegalang: Hujan yang turun hampir sepanjang berlangsung acara, tidak menyurutkan kemeriahan Festival Embung Ramadan. Seluruh peserta lomba memancing, memasak hingga anak-anak peserta lomba mewarnai dan melukis tong sampah tetap antusias mengikuti acara hingga selesai.

“Selain sebagai pengairan sawah, embung juga diharapkan dapat menjadi pusat rekreasi, pusat olahraga dan tempat aktivitas lain warga. Ini bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi warga di sekitar embung,” ujar Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kemendes PDTT, Taufik Madjid.

Festival Embung Ramadan yang berlangsung Embung Ranca Anis, Desa Muruy, Pandeglang, Sabtu (26/5/2018), ini diadakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Peserta bukan harga warga desa Muruy tempat Embung Ranca Anis berada, tetapi juga warga dari desa-desa sekitarnya.




Pelaksanaannya bekerjasama dengan Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) dan Pemkab Pandgelang. Bersamaan dengan berlangsung aneka lomba, di embung yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 4 Oktober 2017 itu juga digelar pengobatan gratis, bakti sosial, donor darah dan ditutup dengan berbuka puasa bersama.  

Bupati Pandeglang, Irna Narulita, mengaku tersanjung daerahnya menjadi tuan rumah sebuah festival rakyat yang baru pertamakali diselenggarakan tersebut. "Kami terus berikhtiar supaya status tertinggal segera lepas dari Pandeglang dan masyarakat kami meningkat taraf hidupnya," ujarnya optimistis.



Bupati Irna juga berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan. Antara lain Krakatau Steel, APP Sinar Mas, Bank BRI dan banyak lagi yang lainnya.

Pembangunan embung merupakan salah satu prioritas Kemendes PDTT. Pemerintah menargetkan dapat membangun minimal 30 ribu embung di seluruh Indonesia hingga akhir 2019 mendatang.

 



(LHE)