ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Vaksinasi Wabah PMK Tahap Pertama di Jateng Capai 62%

Mustholih • 07 Juli 2022 18:41
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengungkap cakupan vaksinasi tahap pertama pengendalian wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayahnya sudah mencapai 62 persen. Pada tahap pertama, Jawa Tengah menerima 78.900 dosis vaksin yang harus disuntikkan terhadap hewan ternak.
 
"Data per 5 Juli jumlah yang telah tervaksin ada 58,4 persen (44.041 ekor). Kalau sampai hari ini sekitar sudah sekitar 62 persen. Akan terus kita lakukan dan kejar untuk bisa selesai di tahap pertama." kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jateng, Agus Wariyanto, Kamis, 7 Juli 2022.
 
Menurut Agus, Pemprov Jateng menargetkan vaksinasi tahap pertama selesai belum Hari Raya Iduladha 2022. Agus mengaku sedang mengebut mengejar target vaksinasi yang sudah ditetapkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau untuk vaksinasi tahap pertama, target sebelum Iduladha," jelas Agus.
 
Baca: Bebas PMK, NTT Kirim 28.826 Sapi untuk Iduladha
 
Agus mengungkap setelah Iduladha, Pemprov Jateng berencana mengadakan vaksinasi tahap kedua dan mandiri. Meski begitu, peternak yang terpencil diperkirakan bakal menjadi tantangan Pemerintah menggenjot vaksinasi terhadap hewan-hewan ternak di Jateng.
 
"Kendalanya kita harus datangi ternak yang berada di pelosok bahkan di hutan, medannya tidak seperti dibayangkan. Agustus akhir akan ada vaksin massal mandiri yang diproduksi oleh Pusvetma Surabaya," terang Agus.
 
Agus menyatakan untuk melakukan vaksinasi, Pemprov Jateng menerjunkan 1.567 tenaga kesehatan yang meliputi dokter, paramedis, dan inseminator.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif