Sekda Palembang, Ratu Dewa. Antara/ Yudi Abdullah
Sekda Palembang, Ratu Dewa. Antara/ Yudi Abdullah

Peningkatan Curah Hujan, Pemkot Palembang Siapkan Satgas Banjir

Antara • 01 Desember 2022 16:55
Palembang: Pemerintah Kota Palembang, Sumatra Selatan, menyiapkan satuan tugas (satgas) banjir untuk menghadapi peningkatan curah hujan yang berpotensi menimbulkan genangan air. Satgas akan fokus menangani masalah banjir di sejumlah kawasan pemukiman dan jalan protokol.
 
"Satgas yang beranggotakan gabungan organisasi perangkat daerah (OPD) diharapkan bergerak cepat mengatasi genangan air di sejumlah lokasi yang telah dipetakan dan membantu masyarakat jika terjadi bencana dampak musim hujan itu," kata Sekda Palembang, Ratu Dewa, di Palembang, Kamis, 1 Desember 2022.
 
Baca: Penghijauan di Pegunungan Kendeng Mendesak usai Pati Dihantam Banjir Bandang

Dia menjelaskan satgas banjir tersebut disiapkan siaga 24 jam, jika sewaktu-waktu hujan lebat turun cukup lama, satgas langsung diturunkan ke kawasan permukiman penduduk atau ke beberapa lokasi yang dipetakan berpotensi terjadi genangan air hujan.
 
Keberadaan satgas tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat mengatasi penyebab terjadinya banjir atau genangan air hujan di sekitar kawasan permukiman atau akses jalan sekitarnya, katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia menghadapi masih tingginya curah hujan akhir-akhir ini, satgas diinstruksikan melakukan pengawasan intensif sejumlah kawasan rawan banjir dengan mengecek permukaan air di beberapa saluran air ketika turun hujan lebat untuk menentukan langkah-langkah penanggulangannya.
 
Pihaknya juga berupaya menggalakkan gotong royong warga kota ini untuk membersihkan saluran air, sungai dan anak Sungai Musi dari sampah dan benda lainnya.
 
"Kegiatan gotong royong pejabat dan pegawai pemkot bersama masyarakat yang telah berjalan dengan baik selama ini diupayakan pada musim hujan sekarang ini lebih digalakkan lagi," jelas Ratu.
 
Tingginya intensitas curah hujan sekarang ini perlu juga diwaspadai oleh warga Kota Palembang yang berada di kawasan tergolong rawan banjir dengan melakukan berbagai tindakan antisipasi sehingga dapat diminimalkan kerugian harta benda dan timbulnya korban jiwa, ujar Sekda.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif