Polisi melakukan pengamanan di lokasi kebocoran pipa PLTMH Cirompang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Polsek Bungbulang)
Polisi melakukan pengamanan di lokasi kebocoran pipa PLTMH Cirompang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Polsek Bungbulang)

Pipa Air PLTMH Cirompang Kabupaten Garut Bocor, Sebuah Rumah Rusak Berat

Media Indonesia • 30 November 2022 17:48
Garut: Pipa saluran air pembangkit listrik tenaga mikrohido (PLTMH) di Kampung Rancateureup, Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami kebocoran pada Senin, 28 November kemarin. Kebocoran tersebut, menyebabkan air menyembur di tengah lahan perkebunan dan mengakibatkan sebuah bangunan milik rusak berat.
 
Kepala Polsek Bungbulang, Iptu Usep, mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Senin sekira pukul 14.00 WIB dan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Hanya terdapat kerusakan di bagian atap bangunan Power House milik PT Tirta Gemah Ripah. 
 
"Pipa air yang mengalami kebocoran lokasinya 300 meter dari permukiman warga dan karena itu kami memastikan dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, tapi pipa air yang bocor langsung mengalir ke Sungai Cirompang, yang lokasinya dekat dengan lokasi kebocoran dan sekarang ini para petugas sedang melakukan perbaikan," katanya, Rabu, 30 November 2022.
 
Baca: Pasokan Listrik di Garut Dipastikan Aman usai Pipa PLTMH Cirompang Bocor

Ia mengatakan, kebocoran pipa diduga karena pergerakan tanah yang labil setelah diguyur hujan di wilayah Kabupaten Garut. Namun, pergerakan tanah itu tidak berdampak ke permukiman warga tetapi dari perusahaan sedang melakukan proses perbaikan terutama kebocoran yang terjadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tim teknis dari perusahaan sekarang sudah dalam proses perencanaan perbaikan, tetapi untuk kerugian masih belum bisa memastikan dan menduga kerugian cukup besar, lantaran operasional perusahaan sementara terhenti. Akan tetapi, sekali lagi bocornya pipa air PLTM tidak terdampak pada warga dan kondisinya sangat jauh dari lokasi kejadian," ujarnya.
 
Sebelumnya, peristiwa kebocoran pipa mengakibatkan semburan air kemudian merusak Power House PLTMH Cirompang dan lokasi di sekitaran pipa, meski begitu kondisi masyarakat sekitar dipastikan aman dari peristiwa tersebut.
 
Personel kepolisian sudah diterjunkan untuk mengecek kebocoran pipa PLTMH Cirompang yang terjadi di Kampung Rancateureup, Desa/Kecamatan Bungbulang, Garut pada Senin sekitar pukul 14.20 WIB.
 
Kapolsek Bungbulang Iptu Usep menyampaikan, hasil penyelidikan sementara kebocoran pipa tersebut karena berada di kawasan tanah labil dan juga terjadi pergeseran tanah sehingga pipa tertekan mengakibatkan pipa bocor.
 
Terkait kerugian, kata dia, belum dapat diketahui secara pasti, namun hasil pemeriksaan di lapangan diperkirakan kerugian sebesar Rp2 miliar.
 
"Perlengkapan Power House PLTMH Cirompang rusak berat, seluruh kerugian belum terdeteksi, diperkirakan Rp2 miliar," katanya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif