Dosen Unhas mengikuti vaksinasi booster secara serentak di Makassar. Antara/ HO-Unhas
Dosen Unhas mengikuti vaksinasi booster secara serentak di Makassar. Antara/ HO-Unhas

Dinkes Sulsel Sarankan Jemaah Umrah Vaksin Meningitis

Antara • 20 November 2022 20:10
Makassar: Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan menyarankan para calon jemaah umrah tetap melakukan vaksin meningitis khususnya yang memiliki penyakit komorbid.
 
Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Sulsel, Ardadi, mengatakan vaksin meningitis lebih melindungi risiko penularan penyakit meningitis saat bertemu banyak orang dari berbagai negara saat umrah.
 
"Untuk jemaah haji masih menjadi syarat wajib. Sementara bagi calon jemaah umrah sesuai ketetapan Kemenkes sudah tidak wajib vaksin meningitis namun tetap disarankan dilakukan sebagai pencegahan," kata Ardadi di Makassar, Minggu, 20 November 2022.
 
Baca: Bandara Soetta Tak Lagi Wajibkan Calon Jemaah Umrah Vaksin Meningitis

Dia menjelaskan layanan vaksinasi meningitis bagi calon jemaah tetap dilakukan di Sulawesi Selatan yakni di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) I Makassar. Sementara untuk Dinkes Sulsel memang saat ini sudah tidak dilakukan karena ketiadaan stok vaksin meningitis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi tetap kita sarankan kepada calon jamaah khususnya yang memiliki penyakit komorbid untuk melakukan vaksinasi meningitis," jelasnya.
 
Kementerian Kesehatan menetapkan bahwa vaksin meningitis tidak lagi menjadi syarat wajib bagi calon jemaah yang akan melakukan umrah. Vaksin meningitis hanya diwajibkan untuk calon jemaah haji.
 
Ketetapan ini berdasarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C.I/9325/2022 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis Bagi Jemaah Haji dan Umrah, yang diterbitkan pada 11 November 2022.
 
Vaksinasi Meningitis Meningokokus dan vaksinasi lainnya tetap direkomendasikan bagi calon jamaah berpenyakit komorbid. Vaksinasi bisa dilakukan di fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan layanan vaksinasi meningitis.
 
Sebelumnya vaksinasi Meningitis Meningokokus merupakan suatu keharusan bagi mereka yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa haji dan visa umrah.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif