Siswa penerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) berfoto bersama Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (tengah) dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang Erwandi. Antara/ Donatus Dasapurna
Siswa penerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) berfoto bersama Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (tengah) dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang Erwandi. Antara/ Donatus Dasapurna

6.498 Siswa di Pangkalpinang Dapat Beasiswa PIP

Antara • 09 November 2022 13:07
Pangkalpinang: Sebanyak 6.498 siswa di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, menerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Erwandi, mengatakan penerima beasiswa PIP meliputi 4.423 siswa sekolah dasar (SD) dan 2.075 siswa sekolah menengah pertama (SMP).
 
Ia menjelaskan bahwa beasiswa PIP senilai Rp450.000 untuk siswa SD dan Rp750.000 untuk siswa tingkat SMP disalurkan langsung ke rekening siswa penerima manfaat satu kali setiap tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dana ini langsung masuk rekening siswa, tidak melalui sekolah atau Dinas Pendidikan," kata Erwandi di Pangkalpinang, Rabu, 9 November 2022.
 
Baca: Pendaftaran Beasiswa Pemuda Tangguh Surabaya Dibuka, Buruan Daftar!

Erwandi mengatakan menurut ketentuan bantuan dana tersebut dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan seperti membeli buku dan alat tulis, pakaian seragam, dan perlengkapan sekolah lain; membayar ongkos transportasi, dan membayar biaya les tambahan.
 
PIP mencakup pemberian bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.
 
Erwandi mengatakan bahwa program tersebut ditujukan untuk membantu anak-anak dari keluarga tidak mampu menempuh pendidikan, agar tidak ada lagi anak yang putus sekolah karena orang tua tidak mampu membiayai.
 
Dia mengimbau warga melapor kepada Dinas Pendidikan jika menjumpai anak usia sekolah yang tidak bisa menempuh pendidikan karena faktor biaya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif