Ilustrasi jemaah haji. Foto:MI/Dwi Apriani.
Ilustrasi jemaah haji. Foto:MI/Dwi Apriani.

93 Jemaah Haji Kloter 11 Tiba di Makassar, 2 Orang Meninggal

Muhammad Syawaluddin • 09 Agustus 2022 06:58
Makassar: Sebanyak 393 jemaah haji kelompok terbang (kloter) 11 Debarkasi Makassar tiba di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, dua orang dinyatakan meninggal dunia.
 
Kepala Bidang PD Pontren Mulyadi Iskandar mengatakan ratusan jemaah haji kloter 11 tersebut tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menggunakan Pesawat Garuda Indonesia Airways GIA1211. 
 
"Sebanyak 390 orang jemaah berasal dari Maluku Utara, ditambah 3 orang jemaah tanazul atau mutasi dari kloter lain, yaitu dari kloter 16 dan 18," kata Mulyadi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 8 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga mengatakan pada jemaah haji kloter 11 Embarkasi Debarkasi Makassar diketahui ada dua orang yang meninggal dunia. Keduanya adalah Esa binti Buba Mahmud dan Simin bin Usman. Mereka wafat pada 12 Juli dan 19 Juli 2022.
 
"Kita mendoakan semua jemaah haji Maluku Utara mendapatkan predikat haji mabrur. Mohon semangat ibadahnya tetap dipertahankan sekembalinya ke Maluku Utara," ujarnya.
 
Mulyadi mengatakan kepada jemaah agar tidak saling menyalahkan hanya karena perbedaan cara beribadah. Mereka juga diminta tetap menjaga toleransi dan kebersamaan demi kerukunan masyarakat Maluku Utara. 
 
Baca: Wapres Instruksikan Evaluasi Tingginya Biaya Haji
 
Ia juga berpesan agar tetap menjaga toleransi dan kebersamaan, serta mengimbau untuk senantiasa memakmurkan masjid melalui salat berjamaah sebagaimana yang dilakukan selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. 
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Utara, Syamsudin Abdul Kadir, atas nama pemerintah dan masyarakat Maluku Utara menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PPIH Embarkasi Debarkasi atas layanan yang diberikan kepada jemaah asal Maluku Utara. 
 
"Terima kasih dan apresiasi kami kepada PPIH Embarkasi Debarkasi Makassar telah mengurus jemaah haji asal Maluku Utara, baik pada saat pemberangkatan maupun pemulangan. Insyaallah jemaah haji kami malam ini menginap dan besok pagi diberangkatkan ke Ternate," ucapnya.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif