Ilustrasi--Sejumlah pekerja melakukan pembenahan turap di sungai Cabang Tengah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Foto: MI/Fransisco Carolius)
Ilustrasi--Sejumlah pekerja melakukan pembenahan turap di sungai Cabang Tengah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Foto: MI/Fransisco Carolius)

Pemkot Semarang Minta Warga Bersihkan Saluran Air

Nasional antisipasi banjir penanggulangan bencana
Mustholih • 08 November 2019 08:05
Semarang: Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, meminta masyarakat mulai membersihkan saluran air. Pasalnya, hujan yang mulai turun sejak awal November 2019 menyisakan sampah yang menyumbat saluran air.
 
"Setelah dua tiga kali hujan saya melihat masih banyak saluran air yang dipenuhi sampah," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Kamis, 7 November 2019.
 
Hendrar mengajak warga turut membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat saluran air. Langkah itu dinilai membantu Pemkot Semarang yang menyebut telah rutin melakan pengerukan di sejumlah lokasi aliran air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ayo kita bersih-bersih supaya salurannya bisa berjalan baik. Air bisa mengalir dari atas ke bawah lalu terbawa ke laut. Kami juga akan terus melakukan pengerukan sedimentasi," ujar dia.
 
Selain membersihkan saluran air, Pemkot juga mengajak masyarakat menanam pohon. Cuaca panas selama musim kemarau, kata dia, akan bisa dilawan jika lingkungan teduh akan pohon.
 
"Mumpung musim hujan akan dimulai ayo membuat gerakan menanam pohon. Karena kemarin musim kemarau yang mengeluh panas sangat banyak dan cuaca bahkan mencapai 40 derajat celsius," jelasnya.
 
Ia menambahkan musim hujan merupakan momentum menghijaukan kembali Kota Semarang. Sebab ruang terbuka hijau di Kota Lumpia semakin tergerus oleh padatnya permukiman penduduk hingga industrialisasi usaha.
 
"Saatnya menghijaukan kembali supaya suhu di Semarang bisa turun," pungkasnya.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif