Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan saat jumpa pers kasus pembobolan kartu kredit. (Medcom.id/Amal)
Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan saat jumpa pers kasus pembobolan kartu kredit. (Medcom.id/Amal)

Rp2,6 Miliar Disita dari Pembobol Kartu Kredit

Nasional hacker
Amaluddin • 07 Desember 2019 10:39
Surabaya: Polda Jawa Timur menemukan aliran dana miliaran rupiah di rekening bos komplotan pembobol kartu kredit oleh lulusan SMK. Polisi juga menyita dua unit mobil hasil kejahatan tersebut.
 
"Hasil pemeriksaan digital forensik, ditemukan ada transaksi di rekening berinial NR, nilainya untuk sementara baru diketahui sebesar Rp2,6 miliar. Ini baru satu rekening," kata Kapolda Jatim, Irjen Luki Hermawan, di Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 6 Desember 2019.
 
NR merupakan kekasih dari bos komplotan pembobol kartu kredit berinisial H. Uang didapat dari hasil membobol kartu kredit warga Amerika Serikat, Rusia, dan Inggris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti penyidik akan koordinasi dengan pihak kedutaan. karena ini ada perusahaan-perusahaan besar. Apa hubungannya ya nanti kita akan komunikasi. Yang jelas ini agak panjang ceritanya," jelasnya.
 
Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jatim, Kombes Gidion Arif Setyawan, menambahkan H berusaha menyembunyikan uang hasil kejahatan. Yakni dengan melakukan penarikan uang sebesar Rp700 juta dan mengalirkan dana ke rekening kekasihnya, NR.
 
"Sehingga uang-uang itu kita amankan, beserta dua unit mobil," ujarnya.
 
Gidion mengaku masih menunggu pengembangan tindak pidana pencucian uang (TPPU) perihal tersangka baru. Termasuk, kemungkinan adanya kerja sama tersangka dengan bank untuk menarik data nasabah.
 
"Nanti masih akan dikembangkan, termasuk TPPU-nya juga akan kita kembangkan dari saudara NR dengan H, serta pelaku lainnya," kata Gidion.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif