Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman memotong truk yang terjaring Operasi Candi 2019. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman memotong truk yang terjaring Operasi Candi 2019. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

Polisi Potong Bak Truk Melebihi Dimensi

Nasional lalu lintas tertib lalu lintas
Rhobi Shani • 11 September 2019 16:09
Jepara: Polres Jepara, Jawa Tengah, memotong bak truk yang melebihi dimensi. Hal itu dilakukan terhadap kendaraan yang terjaring Operasi Patuh Candi 2019.
 
Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman mengatakan pemotongan bak truk guna memberikan efek jera. Pemilik truk pun diminta tak memodifikasi kendaraan secara sembarangan.
 
“Pemilik truk menyadari dan mengikhlaskan untuk dipotong, dikembalikan sesuai dengan ketentuan dimensi,” ujar Arif, di Mapolres Jepara, Rabu, 11 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arif menerangkan truk semestinya memiliki sumbu 3.350 milimeter. Namun khusus truk milik Semi Sembodo yang terjaring operasi, kendaraan itu telah dimodifikasi.
 
Panjang truk yang seharusnya 3.350 milimeter diubah menjadi 4.900 milimeter. Begitu pula dengan sumbunya, yang menurut ketentuan harusnya 2.060 milimeter dimodifikasi menjadi 2.600 milimeter.
 
“Dan sesuai ketentuan, panjang bak truk mestinya 4.300 milimeter, namun diubah menjadi 7.360 milimeter. Ini kami potong untuk dikembalikan seperti ketentuan dimensi kendaraan,” imbuh dia.
 
Sementara itu, pemilik truk, Semi Sambodo, mengatakan truk miliknya setiap hari digunakan untuk mengangkut sepeda motor. Jika sesuai ketentuan dimensi, truk hanya bisa mengangkut 28 unit sepeda motor. Modifikasi truk dilakukan agar dia bisa mengangkut lebih dari 34 unit sepeda motor.
 
“Ikhlas kalau dipotong. Nanti dikembalikan lagi ke bentuk standarnya,” kata Semi.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif