Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Tersangka Makar Papua Ditangkap

Nasional kasus makar
Cindy • 11 September 2019 20:22
Jakarta: Polda Papua menangkap Wakil Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Buchtar Tabuni. Dia ditetapkan sebagai tersangka kerusuhan di Papua.
 
"Sudah diproses oleh Polda Papua," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 11 September 2019.
 
Penyidik tengah mendalami peran Buchtar dan diduga telah melanggar pasal makar. Tak tertutup kemungkinan Buchtar dijerat pasal lain setelah kasusnya dikembangkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekali lagi (ini bukti) penegakan hukum dalam rangka menjamin kedamaian keamanan di Papua dan Papua Barat," pungkas Jenderal Bintang Satu itu.
 
Selain itu, penyidik Polda Papua sudah menetapkan dua mantan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagai tersangka. Yakni mantan Ketua BEM Fisip Universitas Cenderawasih berinisial FBK dan Ketua BEM Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, yaitu AG.
 
Tersangka FBK dan AG terancam Pasal 106 jo pasal 87 dan atau pasal 110 KUHP UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta pasal 160 KUHP, Pasal 187 KUHP dan UU Darurat No. 12 Tahun 1951.
 
Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan demo berujung ricuh di Jayapura, pada Kamis, 29 Agustus 2019, dilakukan kelompok KNPB dan ULMWP. Tito memastikan bakal menangkap otak di balik insiden ricuh di Bumi Cenderawasih.
 
"ULMWP dan KNPB bertanggung jawab terhadap berbagai aksi yang terjadi dan nama-namanya sudah ada, sehingga penegakan hukum akan dilakukan," kata Tito.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif