Museum RA Kartini Jepara. Foto: medcom.id/Rhobi Shani
Museum RA Kartini Jepara. Foto: medcom.id/Rhobi Shani

Museum Diminta Mengikuti Perkembangan Zaman

Nasional museum
Rhobi Shani • 12 November 2019 20:27
Jepara:Museum harus menjadi candu bagi generasi muda di era milenial. Pengelolaan museum harus disesuaikan dengan kebutuhan, seperti diberi ruang berswafoto dan pemanfaatkan teknologi dalam memamerkan koleksi.
 
"Kurangi koleksi, tidak semua koleksi dipamerkan. Bisa digantikan dengan digital dan audio visual,” ujar Arkeolog doktor Ufi Saraswatidalam workshop pentaan koleksi dan tata pamer museum di Museum RA Kartini Kabupaten Jepara, Selasa, 12 November 2019.
 
Ufi melanjutkan pengelola museum diminta untuk menonjolkan dan mempertahanakan kekhasan wilayah. Pengelola museum dituntut berani berinovasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Bidang Pembinaan kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Agung Krisyanto,mengungkap banyak hal yang mesti diperhatikan dalam memamerkan koleksi museum. Seperti penempatkan foto dan keterangan foto, juga sirkulasi udara dan pencahayaan ruangan.
 
"Sudut pandang pengunjung pada foto itu 60 derajat. Informasi foto juga harus mudah terbaca dan tidak membuat pengunjung lelah. Lalu, tata cahaya jangan asal artistik tapi kehilangan makna," ungkap Agung.
 
Benda koleksi museum juga harus dihindarkan dari paparan sinar ultra violet secara langsung. Suhu ruangan museum harus dijaga kelembabannya.
 
"Untuk koleksi yang di rak, paling bawah yang berat lalu ke atasnya yang ringan," kata Agung.
 
Kasi Sejarah Museum dan Kepurbakalaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Ratna Dyah Radtyawati, menambahkan ada empat metode yang dapat diterapkan dalam menata koleksi pameran museum. Penataan koleksi bisa berdasarkan pada kronologi, taksonomik, tematik, dan gabungan.
 
"Penataan ini paling penting karena akan menentukan alur cerita. Jadi tidak sekedar ditempatkan begitu saja," tandas Ratna.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif