Kota Malang rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Foto: medcom.id/Daviq
Kota Malang rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Foto: medcom.id/Daviq

Kota Malang Pecahkan Rekor Membaca Melalui Gawai

Nasional rekor muri
Daviq Umar Al Faruq • 12 Desember 2019 16:21
Malang: Kota Malang, Jawa Timur, memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) lewat 2.929 peserta membaca serentak di aplikasi melalui gawai. Rekor tersebut mematahkan rekor yang pernah dilakukan di Kota Bandung, Jawa Barat, pada November 2018.
 
Ribuan peserta membaca serentak ini merupakan pelajar SMP-SMA, TNI dan Polri se-Kota Malang. Rekor ini dipecahkan di Halaman Balai Kota Malang, Kamis 12 Desember 2019.
 
Pemecahan rekor bersamaan dengan peluncuran Perpustakaan Digital Malang Ancen Mbois Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip. Kegiatan juga dihelat dalam rangka memperkuat Kota Malang sebagai Kota Smart City.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan aplikasi Malang Cillin Digital Access bisa diunduh di Playstore berbasis android. Aplikasi memungkinkan warga meminjam dan membaca koleksi buku di Perpustakaan Umum Kota Malang.
 
"Konsep tersebut dirasa akan lebih meningkatkan minat baca bagi siswa," katanya.
 
Sutiaji menambahkan saat ini telah masuk era revolusi industri 4.0. Pihaknya berencana menggerakkan metode membaca menggunakan gawai dengan aplikasi perpustakaan digital.
 
Dengan aplikasi tersebut, akses buku digital mengenai sejarah dan budaya Kota Malang bisa diakses oleh semua orang. Sehingga daya baca masyarakat Kota Malang meningkat.
 
"Harapannya orang mudah membaca dan itu sudah ada di playstore, walaupun masih untuk android saja. Nanti ke depan ada penyempurnaan agar di Apple juga bisa. Jadi, mereka tidak hanya baca Whatsapp, tapi melalui gawai ini meningkatkan daya baca masyarkat Kota Malang lebih luas," tandas Sutiaji.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif