Bumdes Curah Cottok membangun kolam renang di atas bukit sebagai objek wisata. Foto: MI/baguscsuryo
Bumdes Curah Cottok membangun kolam renang di atas bukit sebagai objek wisata. Foto: MI/baguscsuryo

2.000-an Desa di Jatim Belum Memiliki BUMDes

Nasional bumdes
Amaluddin • 14 Desember 2019 17:17
Surabaya: Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Jawa Timur tersebar di 5.432 desa. Namun, jumlah itu baru 70 persen dari 7.724 total desa di 38 kabupaten/kota di Jatim.
 
"Sementara 2.292 desa sisanya belum ada BUMDes. Sementara sisanya kami terus mendorong agar segera membentuk BUMDes," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jatim, Mochammad Yasin, dikonfirmasi, Sabtu, 14 Desember 2019.
 
Yasin menerangkan ribuan BUMDes berjalan dengan beberapa peniliaian. Mulai kategori berkembang maju pesat, maju, hingga akan maju.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kreteria maju pesat ini dilihat dari berkembangnya BUMDes, kelembagaan hingga omset yang dihasilkan," jelasnya.
 
Namun, Yasin tidak merinci berapa jumlah BUMDes yang sudah berkembang pesat dan belum berkembang. Ia menyebut ada sekitar 413 BUMDes di Jatim terus maju dan berkembang pesat.
 
"Salah satunya BUMDes Kerto Raharjo di Kabupaten Malang, berkembang dengan memanfaatkan potensi wisata yang ada. Bahkan omsetnya mencapai sekitar Rp1 miliar per tahun," ujarnya.
 
Dia menerangkan BUMDes yang sudah maju tentu mengalami kendala, utamanya sumber daya manusia (SDM). Berbagai upaya terus dilakukan untuk memaksimalkan BUMDes di setiap daerah.
 
"Salah satunya melakukan bimbingan teknis, menyelenggarakan temu karya setiap tahun, evaluasi, dan lainnya. Kami juga memberikan bantuan modal ke BUMDes sekitar Rp15 hingga Rp20 juta," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif