Sejumlah warga memperhatikan rumah yang roboh akibat gempa bumi di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Selong, Lombok Timur, NTB. Antara/Ahmad Subaidi
Sejumlah warga memperhatikan rumah yang roboh akibat gempa bumi di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Montong Gading, Selong, Lombok Timur, NTB. Antara/Ahmad Subaidi

525 Rumah Rusak Akibat Gempa Lombok

Nasional gempa bumi Gempa Lombok
Antara • 18 Maret 2019 19:36
Mataram: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat mendata sebanyak 525 unit rumah rusak akibat gempa bumi beruntun yang mengguncang Lombok pada Minggu, 17 Maret 2019.
 
"Tapi kita belum klasifikasi kan apakah rusak berat, rusak sedang atau ringan," kata Kepala BPBD NTB H Muhammad Rum di Mataram, Senin.
 
Gempa berkekuatan 5,8 skala Richter (SR) dan 5,2 SR juga menyebabkan 119 orang di Kabupaten Lombok Timur dan 37 orang di Kabupaten Lombok Utara terluka. Tiga orang dilaporkan meninggal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Satu wisatawan lokal dan dua wisatawan asal Malaysia," terangnya.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB memfasilitasi pemulangan warga negara Malaysia, baik yang terluka maupun meninggal. Mereka menjadi korban tanah longsor di kawasan wisata air terjun Tiu Kelep.
 
"Pemulangan jenazah dan keluarga difasilitasi Kementerian Pariwisata dari Lombok ke Jakarta menuju Kuala Lumpur, menggunakan maskapai Garuda," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal.
 
Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta sudah mengirimkan konsulatnya di NTB. Faozal mengungkapkan, 27 pelancong dari Malaysia yang tergabung dalam satu grupsaat terjadi gempa. Mereka menginap di satu hotel yang sama di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat.
 
"Sebenarnya mereka sudah dua hari berada di Lombok dan rencananya akan pulang hari ini (Senin, red)," terangnya.
 
Dua WN Malaysia yang meninggal bernama Tai Sieu Kim, 56 tahun dan Lim Sai Wah, 56 tahun. Sedangkan sembilan orang masih menjalani perawatan di rumah sakit.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif