Begal Menyamar Jadi Polisi Razia
Polisi menunjukkan barang bukti yang digunakan pelaku begal saat beraksi. Medcom.id/Andi Aan Pranata
Makassar: Aparat Kepolisian Resor Kota Besar Makassar dan Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menangkap dua pelaku begal, Selasa malam, 20 November 2018. Pelaku jadi buruan setelah melancarkan sejumlah aksi pencurian dengan kekerasan dalam satu bulan terakhir di Makassar.

Pelaku yang ditangkap, masing-masing berinisial AM, 18, dan N, 31, diketahui sebagai begal dengan modus menyamar sebagai anggota Polri. Polisi mencatat pelaku telah melakukan empat kali aksi yang sama di Makassar sepanjang November 2018.

“Semua kejadiannya di jalan Perintis Kemerdekaan, kecamatan Biringkanaya. Dari empat korban, dua mengalami kekerasan, ditebas di tangan dan kepala. Selebihnya menerima pengancaman,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar Kompol Wirdhanto Hadicaksono pada konferensi pers di kantornya, Rabu, 21 November 2018.


Wirdhanto mengungkapkan dua pelaku bekerja sebagai petugas keamanan dan pengangguran. Mereka menggunakan modus pura-pura menggelar razia terhadap pengendara di jalan raya. Mereka, mengaku Polisi tak berseragam, menghentikan korban pengguna sepeda motor atau mobil di jam-jam sepi pada dini hari.

Pelaku meyakinkan korban dengan seakan-akan mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor. Jika tidak ada masalah, keduanya beralih memeriksa barang bawaan dengan dugaan kepemilikan narkotika. Aktivitas ini berujung dengan merampas dompet berisi uang korban atau barang berharga lainnya.

"Sebagian korban melawan, sehingga pelaku langsung mengeluarkan senjata tajam untuk menebas," ujar Wirdhanto.

Pelaku dibekuk dengan barang bukti senjata tajam, berupa pisau dapur berukuran 30 centimeter. Keduanya dijerat dengan Pasal 365 ayat 2 KUHP, karena bersekutu dalam melakukan kejahatan curat.

“Mereka diancam hukuman penjara sembilan tahun,” kata Wirdhanto.

Kasus begal bermodus polisi gadungan merupakan satu dari 18 kasus curas yang terungkap di Makassar dalam beberapa pekan terakhir. Dari jumlah tersebut, 28 tersangka ditangkap.

Kepala Polrestabes Makassar Kombes Wahyu Dwi Ariwibowo menyebutkan, dalam waktu yang sama pihaknya mencatat pengungkapan sembilan kasus pencurian kendaraan bermotor dan sembilan kasus pencurian dengan pemberatan. Jika ditotal, tersangka yang ditangkap berjumlah 48 orang.

“Kita akan terus lakukan pengungkapan kejahatan untuk meningkatkan rasa aman di masyarakat,” kata Kapolres.



(SUR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id