Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Waspada Makanan Kedaluwarsa Jelang Natal

Nasional libur natal
Antara • 11 Desember 2018 23:03
Manokwari: Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Manokwari, Papua Barat, mengimbau masyarakat mewaspadai peredaran obat dan makanan kedaluwarsa jelang Natal 2018. Produksi dan perdagangan makanan diprediksi meningkat tajam pada masa-masa ini.
 
Kepala BPOM Manokwari Mojaza Sirait menyebut masa-masa ini dimanfaatkan pedagang nakal. Namun, dia mengatakan pengawasan makanan dan obat di musim liburan natal ini harus dilakukan bersama-sama.
 
"Kami juga sudah mengimbau semua personel BPOM di seluruh wilayah untuk mengingatkan
masyarakat agar waspada," kata Sirait seperti yang dilansir Antara, Selasa, 11 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, BPOM bersama pemerintah daerah terus membica dan mengawasi pelaku usaha atau masyarakat yang ingin menjalankan usaha, terutama di bidang pangan. Ia menyarankan para pelaku usaha mikro, kecil, menengah hingga besar memperhatikan produknya masing-masing.
 
Seluruh ketentuan harus terpenuhi untuk menjamin keamanan masyarakat luas sebagai kawasan konsumen. Dia mengancam pedagang dan produsen makan atau obat yang tak ikut aturan.
 
"Jangan coba-coba menjual produk-produk yang masa berlakunya sudah berakhir, rusak maupun tidak terdaftar melalui BPOM," kata dia.
 
Mojaza berharap masyarakat menjadi konsumen cerdas yang memerhatikan produk secara saksama sebelum membeli. Produk-produk bermasalah rentan beredar, baik di swalayan, pasar tradisional dan pusat perbelanjaan lainnya.
 
"Cara mudah yang kita bisa lakukan yakni dengan mencermati label pada kemasannya, baik obat maupun makanan. Perhatikan label kehalalannya, produsennya, izin edarnya apakah terdaftar di Badan POM atau tidak dan cek juga kedaluwarsanya," ujar Sirait lagi.
 
Kepastian sebuah produk terdaftar dan aman bisa dicek melalui aplikasi cek produk yang diciptakan Badan POM.
 
"Kalau produk-produk yang tersedia di pasar swalayan maupun tradisional itu terdaftar, berarti keamanan dan mutunya diawasi dan dijamin oleh Badan POM," katanya pula.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif