Bupati Jepara Dian Kristiandi. Metro TV
Bupati Jepara Dian Kristiandi. Metro TV

Metro Siang

Wakil Ketua MPR Kembali Usulkan Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional

MetroTV • 06 Februari 2022 19:27
Jepara: Upaya mendorong Ratu Kalinyamat dinyatakan sebagai pahlawan nasional terus dilakukan. Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dan sejumlah tokoh Jepara lain kembali mengusulkan nama Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional.
 
Sejumlah tokoh hadir di Pendopo Kabupaten Jepara untuk pengajuan tersebut. Selain Rerie, sapaan Lestari, turut hadir Bupati Jepara Dian Kristiandi, anggota Dewan Pertimbangan Presiden Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya, hingga budayawan Sujiwo Tejo. 
 
Dian menyebut Ratu Kalinyamat adalah sosok yang nyata dan dapat dibuktikan perjuangannya. Sejumlah sumber primer yang dapat membuktikan sepak terjang Ratu Kalinyamat dapat ditemukan di Portugal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Antara lain catatan Yonge De Costa, Francisco Pareis, Variesouse, dan beberapa literatur sejarah lainnya. Saya sangat gembira dan bersyukur kita telah mendapatkan sumber primer tersebut, karena sebelumnya sulit didapatkan,” ujar Dian dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Minggu, 6 Februari 2022.
 
Rerie beranggapan pengusulan ketiga kali ini dilakukan setelah tim Yayasan Bhakti Lestari menemukan sumber primer baru yang menguatkan sejarah Ratu Kalinyamat. Salah satunya catatan misionaris Portugis.
 
Usulan ini akan diteruskan hingga ke gubernur dan tingkat pusat. Rerie mengajak seluruh masyarakat Jepara mendukung usulan ini.
 
“Bersama-sama menyatukan langkah mengajukan usulan ini ke pemerintah dengan bukti-bukti yang sudah disiapkan yang bisa membantah argumen beberapa waktu lalu,” ujar Rerie. (Leres Anbara)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif