Suasana Ponpes Tebu Ireng Jombang jelang pemakaman Jenazah Lily Wahid (Foto / Metro TV)
Suasana Ponpes Tebu Ireng Jombang jelang pemakaman Jenazah Lily Wahid (Foto / Metro TV)

Jenazah Lily Wahid Dimakamkan di Kompleks Pesantren Tebuireng Sore Ini

Nasional Obituari PBNU nahdlatul ulama meninggal dunia
Clicks.id • 10 Mei 2022 13:49
Jombang: Jenazah Lily Wahid adik Presiden ke 4 Abdurahman Wahid atau Gus Dur rencananya dimakamkan di komplek Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, sekitar pukul 15.00 WIB. Saat ini jenazah masih dalam perjalanan dari rumah duka di Jakarta dan baru diperkirakan tiba sekitar pukul 14.00 WIB siang ini.
 
Berbagai persiapan pun telah dilakukan oleh pihak keluarga di Jombang. Pantauan di lapangan, petugas permakaman mulai menggali liang lahat di kompleks permakaman keluarga.
 
Beberapa di antara mereka juga mulai memasang tenda untuk para pelayat. Suasana di Pondok Pesantren Tebuireng memang masih belum ramai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, ratusan karangan buka berisi ucapan duka cita mulai terpasang di sepanjang jalan dan kompleks menuju pesantren. Beberapa di antaranya dari Menko Polhukam Mahfud MD, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Bupati Jombang Munjidah Wahab dan banyak lagi.
 
Informasi yang dihimpun, jenazah Lily Wahid akan dimakamkan bersama seluruh anggota keluarganya yang lain, seperti KH Hasyim Asyari, kakeknya, KH Wahid Hasyim, ayahnya, Gus Dur kakaknya dan seluruh anggota keluarga lainnya.
 
Berdasarkan pantauan, lokasi makam untuk Lily Wahid berada di sebelah Selatan dengan jarak sekitar 10 meter dari makam ayahnya, Wahid Hasyim.
 
Baca: Adik Gus Dur, Lily Wahid Meninggal Dunia
 
"Semua pesiapan sudah dilakukan, sambil menunggu jenazah datang. Kemungkinan jenazah baru tiba pukul 14.00 WIB. Mudah-mudahan lancar," kata Keponakan Lily Wahid KH Abdul Kholiq Stani.
 
Bagi keluarga, Lily Wahid merupakan sosok yang sangat humanis dan tidak pernah membeda-bedakan antara satu dengan yang lain. Di mata Lily, semua orang terlihat sama.
 
"Beliau orang yang baik dan tidak pernah membeda-bedakan," ujarnya.
 
Satlantas Polres Jombang melakukan rekayasa lalu lintas menjelang kedatangan jenazah Lily Khodijah Wahid di pesantren Tebuireng. Rekayasa tersebut juga untuk mengantisipasi kemacetan.
 
Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mengatakan, pengalihan arus lalu lintas yang akan dilakukan di antaranya dari simpang empat Mojosongo. Kendaraan yang akan mengarah ke selatan dialihkan menuju barat ke Simpang empat Pandanwangi.
 
Sedangkan arus lalu lintas dari arah kota atau utara di Jalan KH Wahid Hasyim dialihkan dari simpang tiga Ceweng. Kendaraan akan dialihkan menuju timur hingga simpang tiga Selorejo Mojowarno.
 
Lokasi parkir untuk menyambut para tamu pun juga telah disiapkan oleh pihayakni di depan ponpes Tebuireng hingga sepanjang Jalan Gerilya (Bug grujuk ke barat). Sebagai lokasi parkir kendaraan VVIP, sementara di halaman depan ponpes sendiri digunakan sebagai lokasi parkir kendaraan VIP.
 
“Sedangkan lokasi parkiran makam Gus Dur disiapkan untuk lokasi parkir para petakziah umum. Pengalihan arus lalu lintas itu di berlakukan mulai pukul 12.00 WIB hingga berakhirnya proses pemakaman Nyai Lily Wahid,” kata Nurhidayat.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif