Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

Siswa Baru di Jepara Akan Belajar di Rumah

Nasional Virus Korona tahun ajaran baru
Rhobi Shani • 06 Juli 2020 12:26
Jepara: Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memperpanjang masa belajar di rumah. Pembelajaran secara daring juga berlaku bagi siswa baru tahun ajaran 2020-2021.
 
Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono, mengatakan sekolah yang hendak melaksanakan pembelajaran secara tatap muka di kelas harus mendapat izin dari Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19. Namun terlebih dulu grafik penyebaran virus korona di wilayah setempat menunjukkan penurunan.
 
“Kondisi Jepara belum (zona) hijau, kalau dipaksakan (tatap muka) kasihan anak-anak. Kami tidak berani gegabah memasukkan anak-anak (ke sekolah) di tahun ajaran baru,” ujar Agus, Senin, 6 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Pasien Covid-19 di Sumenep Kabur dari RS Moh Anwar
 
Disisi lain, anjut Agus, banyak persyaratan yang harus dipenuhi sekolah jika ingin menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Protokol kesehatan harus jadi prioritas utama dan sebelum dilaksanakan, konsep kegiatan belajar mengajar (KBM) harus melalui kajian tim teknis yang sudah disiapkan Disdikpora.
 
“Sekolah harus siapkan tempat cuci tangan yang banyak beserta sabun. Kemudian pakai masker yang tidak sekadar menutup hidung. Dan (status zona wilayah) harus sudah hijau, kalau saat ini Jepara kan masih merah,” jelas Agus.
 
Sementara itu, Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan, memperpanjang masa belajar di rumah tidak hanya bagi sekolah di jajaran Disdikpora. Kegiatan pembelajaran agama pada lembaga di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) juga diminta untuk tidak menyelenggarakan KBM tatap muka.
 
“Kami akan minta Kemenag untuk tidak melaksanakan dulu kegiatan belajar seperti di Madin (Madrasah Diniyah) dan TPQ (Taman Pendidikan Al Quran),” imbuh Dian.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif