Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Sri Sultan Tak Yakin PSBB Mendisiplinkan Warga Yogyakarta

Nasional Virus Korona PSBB
Ahmad Mustaqim • 19 Mei 2020 09:58
Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X tidak yakin warganya mematuhi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan. Hal itu berkaaca dari kota-kota lain yang marak pelanggaran di tengah penerapan PSBB.
 
"Kita tak bisa menindak (warga yang keluar rumah). Daerah yang PSBB menindak juga sulit. Mungkin memberi sanksi dengan menyapu jalan dan sebagainya," kata Sri Sultan di Yogyakarta, Senin, 18 Mei 2020.
 
Dari pengalaman itu, ia menilai mendisiplinkan masyarakat harus berangkat dari kesadaran sendiri. Menurut dia, pemerintah DIY sudah berupaya membubarkan ribuan kerumunan. Upaya itutidak efektif jika masyarakat tak mau mendisiplinkan diri sendiri. Ia juga menilai daerah yang terapkan PSBB menghadapi problem juga sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mendisiplinkan juga sulit. Harapan saya, selama kita punya kemauan untuk memutus (mata rantai virus), menjaga jarak, menjalankan protokol, biarpun keluar harapannya belum tentu positif," katanya.
 
Ia mengatakan, masih ada anak muda yang beranggapan imunitasnya lebih baik dibanding orang tua dan sengaja keluar rumah. Sultan menyayangkan sikap sebagian anak muda itu.
 
"Ini ada kesengajaan kurang bagus. Kesadaran mendisiplinkan diri enggak ada jeleknya," ujarnya.
 
Ia menambahkan, pemerintah DIY masih melihat perkembangan empat klaster penyebaran covid-19. Mengingat, dalam beberapa hari terakhir, klaster Indogrosir dan jemaah tabligh masih menyumbang penambahan kasus covid-19.
 
"Harapan kasus dari klaster-klaster itu semakin turu. Kita masih perlu waktu dua minggu ini. Meskipun tambahannnya di luar klaster, semua klaster besar, semoga gak ada tambahan yang lain," katanya.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif