Larung saji di Jabon, Sidoarjo. Foto: Medcom.id/ S Hadi
Larung saji di Jabon, Sidoarjo. Foto: Medcom.id/ S Hadi

Panen Ikan Melimpah Warga Sedekah Laut

Nasional tradisi
Syaikhul Hadi • 28 September 2019 18:33
Sidoarjo: Ratusan warga Dusun Telocor, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Jawa Timur, memadati dermaga Wisata Bahari Jabon. Tujuannya melarung saji ke laut.
 
Kegiatan Larung saji merupakan sedekah laut yang dilakukan petani tambak. Tradisi larung saji bertepatan dengan hari tahun baru Islam 1 Muharram 1440 M, dan dilakukan turun temurun.
 
"Sedekah laut sebagai bentuk rasa syukur warga atas panen ikan yang melimpah ruah," ungkap Ketua Pelaksana Sedekah Laut, Kasum, Sabtu, 28 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saji berupa tumpeng berserta lauk dan minyak wangi, dengan maksud agar manusia menjalani hidup yang bijaksana. Seperti menyimpan kesalahan orang lain, mementingkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadinya.
 
"Alhamdulilah Larung saji ini cukup meriah dan semarak. Larung saji sengaja dipusatkan di Dermaga Wisata Bahari karena menurut sesepuh merupakan tempat Dahyangnya," tambah Kepala Dusun Tlocor, Desa Kedungapandan, Baidowi.
 
Kegiatan dihadiri langsung Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah. Sebelum dibawa ke muara sungai, tumpeng didoakan dan diserahkan secara simbolis oleh Bupati, kemudian dibawa ke muara sungai Brantas menggunakan perahu.
 
"Semoga semakin tambah rasa syukur kita, semakin tambah nikmat yang akan diberikan, baik usaha di pertanian, perdagangan atau usaha yang lain diberikan segala kemudahan oleh Allah dan terpenting kita selalu diberi kesehatan dan keselamatan oleh-Nya, ujar Bupati Sidoarjo.
 
Bupati berpesan ke masyarakat agar menyukseskan penyelenggaraan Pilkades Serentak 2020. Total 173 Desa yang menggelar pilkades pada 19 April 2020.
 
"Kami berharap kepada para pejabat desa dan masyarakat Jabon harus mampu dan bisa mensukseskan agenda Pilkades serentak 2020," tutupnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif