Warga mengambil air hasil endapan di lubang sungai yang mengering di Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Jombang, Jawa Timur, Kamis (4/7/2019). ANTARA FOTO/Syaiful Arif.
Warga mengambil air hasil endapan di lubang sungai yang mengering di Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Jombang, Jawa Timur, Kamis (4/7/2019). ANTARA FOTO/Syaiful Arif.

25.581 Warga Kabupaten Malang Terancam Kesulitan Air

Nasional musim kemarau
Daviq Umar Al Faruq • 12 Juli 2019 13:36
Malang: Sebanyak 19 desa di Kabupaten Malang, Jawa Timur berpotensi mengalami kekeringan atau kekurangan air bersih pada kemarau tahun ini. Belasan desa tersebut tersebar di sembilan kecamatan.
 
Kepala BPBD Kabupaten Malang, Bambang Istiawan mengatakan sembilan kecamatan yang berpotensi kekeringan merupakan hasil prediksi dari pengalaman musim kemarau periode sebelumnya.
 
"Potensi kalau memang nanti pada saat musim kemarau. Artinya memang betul-betul mereka membutuhkan air. Sembilan kecamatan itu tidak pada semua desa, cuma ada 19 desa," kata Bambang saat dikonfirmasi Medcom.id, Jumat, 12 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bambang menjelaskan di 19 desa tersebut terdapat 8.404 kepala keluarga dan 25.581 jiwa. Menurut Bambang apabila terjadi kekeringan di belasan desa tersebut, pihaknya bakal langsung memberikan bantuan air bersih.
 
"Kalau saat ini memang belum kekeringan karena beberapa hari yang lalu juga hujan. Paling sekitar Agustus, puncak kemarau. Kalau memang mereka memerlukan akan kita drop air," ungkap Bambang.
 
BPBD Kabupaten Malang sendiri memiliki tiga tangki air yang telah disiagakan untuk mengantisipasi kekeringan tersebut. Selain itu, BPBD juga menggandeng Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya, PDAM, dan PMI Kabupaten Malang.
 
"Total kami siagakan 10 tangki air dari gabungan beberapa instansi tersebut," beber Bambang.
 
Bambang mengimbau masyarakat di wilayah berpotensi kekeringan untuk tetap waspada dan menghemat kebutuhan air. "Masyarakat tetap waspada kekeringan. Bila membutuhkan air nanti akan kita upayakan untuk pemenuhannya," pungkas Bambang.
 
Berikut sembilan kecamatan dan 19 Desa yang berpotensi kekeringan;
 
1. Kecamatan Singosari (Desa Wonorejo)
2. Kecamatan Kalipare (Desa Putukrejo)
3. Kecamatan Pagak (Desa Gampingan, Desa Pagak, dan Desa Sumberejo)
4. Kecamatan Donomulyo (Desa Donomulyo, Desa Purwodadi, Desa Tlogosari, Desa Sumberoto, Desa Banjarejo, dan Desa Kedungsalam)
5. Kecamatan Lawang (Desa Sidoluhur)
6. Kecamatan Jabung (Desa Jabung, dan Desa Kemiri)
7. Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Desa Druju, Desa Sumberagung, dan Desa Ringinasri)
8. Kecamatan Sumberpucung (Desa Karang Kates)
9. Kecamatan Bantur (Desa Pringgodani).
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif