Peneliti Balitbang Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Bambang Soelistyanto. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Peneliti Balitbang Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Bambang Soelistyanto. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

Balitbang Arkeologi Nasional Ungkap Kiprah Ratu Kalinyamat

Nasional pahlawan
Rhobi Shani • 17 September 2019 16:55
Jepara: Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengungkap kiprah Ratu Kalinyamat.
 
Peneliti Balitbang Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Bambang Soelistyanto, menuturkan, pada 1550 Ratu Kalinyamat pernah melawan penjajahan Portugis dengan bantuan 4.000 tentara. Untuk tujuan yang sama, Ratu Kalinyamat kembali mengirimkan pasukan perang pada 1565.
 
“Pengiriman tentara yang ke dua untuk membantu Kerajaan Tanah Hitu di Maluku yang diserbu Portugis,” kata Bambang dalam sosialisasi Rumah Peradaban Kalinyamat, di Jepara, Selasa, 17 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian Ratu Kalinyamat kembali mengirimkan tentara pada 1572. Kali ini, sebanyak 300 kapal layar dan 80 kapal berukuran besar dengan jumlah prajurit sebanyak 1.500 orang ikut melawan Portugis.
 
Selain kiprah melawan penjajahan Portugis, salah satu tokoh perempuan dari Jepara itu juga mempunyai peran penting dalam berbagai hal. Seperti dalam bidang politik, pertahanan, dan ekonomi.
 
“Di bidang politik, Ratu Kalinyamat berhasil menjadikan pelabuhan Jepara sebagai pusat perdagangan karena pelabuhannya yang besar,” ujarnya.
 
Ia melanjutkan di bidang pertahanan, Ratu Kalinyamat memiliki angkatan laut yang kuat dengan pasukan yang lengkap. Sementara dalam bidang ekonomi, Jepara di bawah kepemimpinan Ratu Kalinyamat berhasil mengekspor beras dan hasil bumi ke berbagai daerah.
 
“Jadi di abad 16 Jepara sudah ekspor beras ke berbagai negara,” kata Bambang.
 
Setelah melihat hasil penelitian tentang Ratu Kalinyamat itu, Rumah Peradaban Kalinyamat pun mendukung langkah Yayasan Dharma Bakti Lestari (YDBL) dalam mengusulkan gelar pahlawan nasional untuk Ratu Kalinyamat.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif